Wah Ternyata di Kabupaten Ciamis Ada Candi, Namanya Candi Ronggeng yang Ditemukan pada Tahun 1976

Wah Ternyata di Kabupaten Ciamis Ada Candi, Namanya Candi Ronggeng yang Ditemukan pada Tahun 1976

Wah ternyata di Kabupaten Ciamis ada candi, namanya Candi Ronggeng yang ditemukan pada tahun 1976.-IG disparciamis-

Wah Ternyata di Kabupaten Ciamis Ada Candi, Namanya Candi Ronggeng yang Ditemukan pada Tahun 1976

CIAMIS, RADARTASIK.COM - Di Kabupaten Ciamis ternyata ada peninggalan candi yang ditemukan pada tahun 1976. Candi yang terdapat di Ciamis ini bernama Candi Ronggeng yang menjadi bangunan suci umat Hindu.

Candi Ronggeng berlokasi di Desa Sukajaya, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis. Bangunan candi ini penamaannya berkaitan dengan mitos yang berkembang di masyarakat Kabupaten Ciamis.

Menariknya, Candi Ronggeng merupakan satu-satunya candi yang terletak di Kabupaten Ciamis. Dengan demikian, Candi Ronggeng menjadi bagian terpenting dari sejarah daerah Ciungwanara, Kawali, dan Kawasen.

Adapun, letak Candi Ronggeng tepat berada di bagian timur dari Sungai Ciseel. Penemuan Candi Ronggeng baru terungkap pada tahun 1976.

BACA JUGA:Ini yang Membuat Pelatih Fisik Kroasia Kagum dengan Pemain Persib Bandung, Ini Bedanya dengan Klub Malaysia

Penemuan Candi Ronggeng yang ada di Kabupaten Ciamis ini bermula dari penelitian dan penggalian yang dilakukan oleh arkeolog.

Arkeolog melakukan penelitian di daerah aliran Sungai Ciseel pada tahun 1976. Penelitian ini bermula dari adanya laporan penemuan nandi, yoni, dan batu-batu candi.

Kemudian, penelitian terus berlanjut pada tahun 1977, 1978, serta 1983 yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.

Mengutip website resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, struktur batu yang berbahan batu pasir berhasil ditemukan oleh peneliti pada tahun 1984 pada saat membuka kotak ekskavasi.

BACA JUGA:Kabupaten Tasikmalaya Rawan Kampanye Melibatkan Anak-Anak, Jika Ditemukan Sanksi Pidana Menanti

Adapun lokasi penemuannya rata-rata pada kedalaman 140 cm di bawah permukaan tanah.

Penemuan Candi Ronggeng di area limpahan banjir Sungai Ciseel berjenis tanah aluvial. Dari hasil temuan ini, Candi Ronggeng yang berhasil ditemukan berukuran 8 x 8 meter.

Peneliti juga menemukan bukti tertulis yang berupa potongan-potongan tulisan kecil yang sudah tidak utuh. Berdasarkan temuan yoni dan dua arca nandi, dapat dikatakan bahwa Candi Ronggeng merupakan bangunan suci dari agama Hindu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: