Bank Indonesia Tasikmalaya Lakukan Overview Perekonomian 2023 dan Prospek Perekonomian Priangan Timur 2024

Bank Indonesia Tasikmalaya Lakukan Overview Perekonomian 2023 dan Prospek Perekonomian Priangan Timur 2024

Suasana Bewara Priangan Timur 2023 dengan Tema Memperkuat Sinergi Melangkah Maju Membangun Ketahan Ekonomi di Ballroom Hotel Santika Kota Tasikmalaya, Selasa 12 Desember 2023. rezza rizaldi / radartasik.com--

Bank Indonesia Tasikmalaya Lakukan Overview Perekonomian 2023 dan Prospek Perekonomian Priangan Timur 2024

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Perekonomian Priangan Timur tahun 2023 tetap tumbuh kuat di tengah berbagai tantangan baik internal maupun eksternal.

Menyongsong tahun 2024 kedepan berbagai tantangan tentunya tetap harus dihadapi walaupun berisiko menghambat pertumbuhan ekonomi Priangan Timur.

Maka dari itu, diperlukan sinergi yang tetap kuat antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya dengan pemerintah daerah di wilayah Priangan Timur.

BACA JUGA:Motor Listrik Rekomended untuk Harian dari United, Spesifikasi yang Wajib Ada

Sinergi itu harus dilakukan dengan berbagai usulan rekomendasi untuk memitigasi, atau meminimalisir dampak tantangan sekaligus membangun ketahanan ekonomi Priangan Timur.  

Maka, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya melakukan Bewara Priangan Timur 2023 dengan Tema Memperkuat Sinergi Melangkah Maju Membangun Ketahan Ekonomi di Ballroom Hotel Santika Kota Tasikmalaya, Selasa 12 Desember 2023.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, Aswin Kosotali mengatakan, kinerja ekonomi 2023 ini kondisi global diselimuti dengan ketidakpastian akibat dipengaruhi perang Rusia-Ukraina, dan lain sebagainya.

"Berbagai fenomena itu mendorong inflasi global. Maka di beberapa negara meningkatkan suku bunga moneter di atas 5 pesen, ditambah lagi dampak dari cuaca ekstrem," paparnya.

BACA JUGA:Bobotoh Heran, Saat Persib Butuh Poin Penting Malah Kalah Seperti Musim Lalu Saat Dilatih Luis Milla

Walaupun demikian, di Priangan Timur ekonomi masih tumbuh kuat. Kinerja positif ini didorong dari peningkatan domestik. 

Stabilitas perekonomian yang tetap terjaga ini, sejalan dengan inflasi Kota Tasikmalaya sebagai sister city yang hingga November 2023 tercatat rendah dan terkendali, yaitu sebesar 3,119 (yoy) dan 2,579 (ytd), sesuai sasaran target inflasi sebesar 3114. 

"Sehingga diprakirakan perekonomian di Priangan Timur akan tetap tumbuh positif di kisaran angka 4,80-5,20x (yoy)," terangnya. 

Kuatnya perekonomian Priangan Timur sepanjang tahun 2023 ini, kata dia, ditopang oleh kinerja positif berbagai faktor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: