Kementerian PUPR Matangkan Uji Coba Tol Nontunai Nirsentuh di Bali

Kementerian PUPR Matangkan Uji Coba Tol Nontunai Nirsentuh di Bali

Kementerian PUPR terus mematangkan uji coba sistem transaksi tol nontunai nirsentuh di Bali.-BPJT-

Kementerian PUPR Matangkan Uji Coba Tol Nontunai Nirsentuh di Bali

BALI, RADARTASIK.COM – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau simulasi penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh alias multi lane free flow (MLFF) di Jalan Tol Bali-Mandara, Rabu 22 November 2023.

Dia meminta pada tahap awal penerapan MLFF dilaksanakan sosialisasi yang cukup jelas bagi masyarakat yang ingin mencoba teknologi bayar tol tanpa henti tersebut.

”Agar diberikan papan informasi yang jelas untuk jalur khusus uji coba penerapan MLFF sehingga masyarakat siap dari saat sebelum masuk Jalan Tol Bali-Mandara,” tegas dia dilansir laman BPJT.

BACA JUGA: Tarif Parkir untuk Peningkatan Pendapatan Daerah di Kabupaten Pangandaran Masih Batas Wajar

BACA JUGA: Dinas Sosial PPKBP3A Kabupaten Tasikmalaya Membuka Seleksi Penerima Bantuan Sosial Pendidikan Bagi Mahasiswa

Uji coba MLFF, kata dia, adalah masa transisi. Seperti halnya dahulu beralih dari transaksi cash menjadi non cash dengan tapping e-money pasti membutuhkan waktu untuk mengubah kebiasaan masyarakat.

Menurut dia, teknologinya pasti sudah siap, tantangannya bagaimana implementasinya kepada masyarakat. Dia optimis proses ini akan berjalan lancar dan ini proses untuk lebih maju dengan memanfaatkan teknologi.

Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian berharap proses transisi penerapan tol tanpa henti diharapkan dapat berjalan dengan cepat.

Menurut dia, semakin cepat makin bagus tapi harus dievaluasi simulasi pelaksanaannya. Lalu, perlahan dihapus penggunaan tapping. Kini masih secara hibrid antara MLFF dan tapping.

BACA JUGA: Tiga Anggota Dewan Fraksi Gerindra Kabupaten Tasikmalaya Diganti Jelang Pileg 2024, Ada Apa?

BACA JUGA: Spesifikasi OPPO A98 5G, HP Stylish dengan Kamera 64MP, RAM Besar

Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono mengatakan uji coba transisi MLFF pada tahap awal akan diberlakukan di lajur 4 Gerbang Tol Ngurah Rai. 

Sistem transaksi tol nontunai nirsentuh mulai diterapkan pada seluruh lajur gerbang tol pada Maret 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: