Pelatihan VAR untuk Replay Operator Terus Dilakukan, Rencananya VAR Akan Diterapkan Pada Pekan ke-24 Liga 1

Pelatihan VAR untuk Replay Operator Terus Dilakukan, Rencananya VAR Akan Diterapkan Pada Pekan ke-24 Liga 1

Pelatihan VAR untuk replay operator terus dilakukan, rencananya VAR akan diterapkan pada pekan ke-24 Liga 1.-pt lib-

Pelatihan VAR untuk Replay Operator Terus Dilakukan, Rencananya VAR Akan Diterapkan Pada Pekan ke-24 Liga 1

JAKARTA, RADARTASIK.COM - Setelah mengadakan pelatihan video assistant referee (VAR) untuk wasit, kini PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sedang melakukan pelatihan sistem VAR untuk replay operator (RO).

Pelatihan sistem VAR untuk replay operator dilakukan PT LIB sebagai bentuk persiapan empat bulan jelang diterapkannya sistem VAR di kompetisi Liga 1.

Adapun pelatihan sistem VAR untuk replay operator telah dilaksanakan sejak tanggal 13 hingga 21 November 2023. 

Pelatihan sistem VAR yang diselenggarakan PT LIB ini diikuti oleh sebanyak 20 peserta yang nantinya akan ditugaskan sebagai replay operator di semua pertandingan Liga 1.

BACA JUGA:Kampanye Pemilu 2024 di Perguruan Tinggi dan Gedung Pemerintahan di Pangandaran Diperbolehkan, Asal...

Direktur Operasional PT LIB Asep Saputra mengatakan pelatihan teknologi VA untuk RO penting dilakukan agar para peserta pelatihan mendapatkan gambaran berupa tayangan video yang dibutuhkan oleh wasit.

Menurutnya, wasit yang memimpin langsung di lapangan sangat membutuhkan informasi dari replay operator, terutama untuk tayangan video pertandingan.

Lebih lanjut, Asep Saputra menyebut penerapan sistem VAR sangat memerlukan RO karena akan sangat menentukan keputusan-keputusan penting yang terjadi di lapangan.

"Karena itu, pelatihan untuk replay operator mutlak diperlukan," kata Asep Saputra.

BACA JUGA:Jelang Natal dan Tahun Baru 2024, Polres Garut Petakan Jalur Rawan Kecelakaan dan Bencana

Ditanyakan terkait kapan sistem VAR akan diterapkan, Asep Saputra menyampaikan rencana penggunaan sistem VAR akan dilakukan pada pekan ke-24 Liga 1.

Pelatihan sistem VAR untuk replay operator ini langsung ditangani oleh lima instruktur dari Hawk Eye, selaku perusahaan penyedia perlengkapan VAR 

Adapun lima instruktur Hawk Eye yang memberikan pelatihan kepada replay operator Liga 1 di antaranya Gianro Compagno (Italia), Jake Lees (Australia), Florencia Silvetti (Uruguay), Lewis Watterson (Inggris), dan Ambar Bolanos (Ekuador).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pt lib