Dilakukan Pelatihan VAR untuk RO, Kapan Sistem VAR Akan Diterapkan di Kompetisi Liga 1? Ini Penjelasan PT LIB

Dilakukan Pelatihan VAR untuk RO, Kapan Sistem VAR Akan Diterapkan di Kompetisi Liga 1? Ini Penjelasan PT LIB

Dilakukan pelatihan VAR untuk RO, kapan sistem VAR akan diterapkan di kompetisi Liga 1? Ini penjelasan PT LIB.-pt lib-

Dilakukan Pelatihan VAR untuk RO, Kapan Sistem VAR Akan Diterapkan di Kompetisi Liga 1? Ini Penjelasan PT LIB

JAKARTA, RADARTASIK.COM - Memasuki putaran kedua Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) terus mematangkan persiapan empat bulan menjelang diterapkannya sistem video assistant referee (VAR) di kompetisi Liga 1.

Menurut Direktur Operasional PT LIB Asep Saputra, penggunaan sistem VAR di kompetisi Liga 1 rencananya akan diterapkan pada laga pekan ke-24.

Saat ini, PT LIB sedang mengadakan pelatihan sistem VAR kepada perangkat pertandingan termasuk wasit dan replay operator (RO).

Untuk diketahui, PT LIB telah memberikan pelatihan sistem VAR kepada wasit yang akan ditugaskan untuk memimpin pertandingan di kompetisi Liga 1.

BACA JUGA:Jelang Natal dan Tahun Baru 2024, Polres Garut Petakan Jalur Rawan Kecelakaan dan Bencana

Setelah memberikan pelatihan kepada wasit, PT LIB juga melakukan pelatihan sistem VAR kepada replay operator. Pelatihan telah berlangsung sejak tanggal 13 November dan akan berakhir pada 21 November 2023.

Adapun pelatihan sistem VAR untuk replay operator diikuti oleh sebanyak 20 peserta yang nantinya akan ditugaskan untuk menjadi RO di semua laga kompetisi Liga 1.

Pelatihan langsung dipimpin oleh lima instruktur dari Hawk Eye selaku perusahaan penyedia sistem VAR di antaranya Florencia Silvetti (Uruguay), Ambar Bolanos (Ekuador), Lewis Watterson (Inggris), Gianro Compagno (Italia), dan Jake Lees (Australia).

Asep Saputra mengatakan pelatihan sistem VAR sangat penting diberikan kepada para replay operator.

BACA JUGA:Puluhan UMKM di Garut Meriahkan Limbangan Expo 2023, Ajang Pameran Produk Unggulan

Lebih lanjut, Asep Saputra menyampaikan tujuan dilaksanakannya pelatihan sistem VAR agar replay operator bisa mendapatkan gambaran terkait tayangan video yang dibutuhkan wasit saat memimpin pertandingan di lapangan.

Asep Saputra mengungkapkan replay operator memiliki fungsi yang penting pada saat pertandingan karena dapat menentukan keputusan-keputusan krusial yang dikeluarkan oleh wasit.

"Dalam penerapan VAR, fungsi replay operator akan sangat menentukan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pt lib