Lima Kecamatan di Tasikmalaya Diterjang Bencana Alam, Lebih dari 50 Rumah Terendam Banjir

Lima Kecamatan di Tasikmalaya Diterjang Bencana Alam, Lebih dari 50 Rumah Terendam Banjir

Rumah warga Desa Kertasari, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, terendam banjir, Rabu 15 November 2023. Istimewa--

Lima Kecamatan di Tasikmalaya Diterjang Bencana Alam, Lebih dari 50 Rumah Terendam Banjir

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Hujan deras yang melanda Kabupaten Tasikmalaya mengakibatkan terjadi bencana banjir, longsor dan pohon tumbang di 5 kecamatan. 

Yakni Kecamatan Sodonghilir, Cipatujah, Karangnunggal, Cikatomas dan Bojonggambir.

Ketua FK Tagana Kabupaten Tasikmalaya, Jembar Adisetia mengatakan, bancana tanah longsor terjadi di Kecamatan Sodonghilir tepatanya di kampung Legokgintung Desa Cukangjayaguna.

BACA JUGA:GPX Drone 150 2023 Pesaing Berat NMax dan PCX Garang dengan Performa GG Berapa Harganya? Cek di Sini

Akibatnya 1 rumah rusak berat, 1 rumah rusak sedang dan1 rumah rusak ringan. Sedangkan di Kampung Curugdampit, Desa Cukangjayaguna 1 rumah terancam tanah longsor.

Sementara itu di Kampung Gununganten Desa Cukangjayaguna, 1 rumah terancam tanah longsor serta di Desa Sukabakti 1 rumah terancam tanah longsor.

"Untuk Kecamatan Bojonggambir yakni longsor menutupi Jalan Simpangsari-Bojongrandeng, Desa Pedangkamulyaan (akses jalan tertutup, Red)," katanya kepada radartasik.com, Rabu 15 November 2023.

Untuk banjir yang merendam rumah serta fasilitas umum, terjadi Kecamatan Cipatujah tepatnya di Dusun Cipicung, Desa Kertasari. 

BACA JUGA:Sebanyak 6 Orang Komplotan Pencuri dengan Modus Pengobatan di Tasikmalaya Ditangkap Polisi

"Banjir juga di Desa Ciawi, Kecamatan Karangnunggal tepatnya di Desa Ciawi. Hingga saat ini belum diketahui rumah yang terendam," terang Jembar.

Untuk pohon tumbang dan menimpa rumah warga terjadi di Kecamatan Cikatomas, Kampung Cidadap, Desa Cogreg. "Ini 1 rumah tertimpa pohon," katanya.

Sementara itu Kepala Desa Kertasari, Kecamatan Cipatujah, Yopik Solidayat menuturkan, banjir tersebut terjadi pada pukul 03.30 WIB setelah hujan deras sejak pukul 21.00 WIB Selasa 14 November 2023 malam hingga subuh. 

"Dengan hujan yang deras dan lama sehingga sungai Cipicung meluap ke pemukiman," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: