Saking Mahalnya Harga Cabai di Tasikmalaya, Hilang Dua Tiga Butir Saja Pedagang Rugi

Saking Mahalnya Harga Cabai di Tasikmalaya, Hilang Dua Tiga Butir Saja Pedagang Rugi

Harga Cabai di Pasar Singaparna Kabupaten Tasikmalaya mencapai Rp 100 ribu per kilogramnya, Rabu 8 September 2023. ujang nandar / radartasik.com--

Saking Mahalnya Harga Cabai di Tasikmalaya, Hilang Dua Tiga Butir Saja Pedagang Rugi

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Harga kebutuhan pokok di Pasar Tradisional Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya terus merangsek naik, Rabu 8 November 2023. 

Apalagi yang paling dirasakan kenaikan harganya naik siginifikan adalah harga cabai yang saat ini mencapai Rp 100 ribu setiap satu kilogramnya.

Kenaikan harga cabai itu dirasakan oleh para pedagang sejak awal bulan November 2023. Bahkan dari awalnya Rp 60 ribu per kilogram kini menjadi Rp 100 ribu setiap satu kilogramnya. 

BACA JUGA:Ribuan Alat Peraga Sosialisasi di Kabupaten Tasikmalaya Ditertibkan, Caleg Terancam ini

"Untuk harga cabai domba Rp 100 ribu dari awalnya hanya 60 ribu, harga cabai rawit tembus Rp 80 ribu dari asalnya Rp 65 ribu setiap satu kilogramnya," ujar Pedagang Sayuran di Pasar Singaparna, Uun (48), Rabu 8 November 2023.

Sementara itu, terdapat kenaikan harga pada cabai merah yakni Rp 80 ribu dari asalnya hanya Rp 35 ribu rupiah saja. 

"Saat ini kami menjual cabai Rp 10 ribu setiap satu ons untuk cabai domba yang merah Rp 8 ribu asalnya cuma Rp 6 ribuan," terang dia.

Uun menyebutkan, kenaikan harga cabai tersebut dipicu karena adanya musim kemarau panjang sehingga petani gagal panen. "Stoknya sedikit, katanya gagal panen karena musim kemarau," kata dia.

BACA JUGA:Main Game Lancar! POCO X3 Pro HP Spek Flagship Harga Mid-Range dengan RAM 8GB, Lengkapnya Cek di sini

Saking berharganya cabai itu, para pedagang tidak sembarangan menyimpan cabai saat akan dijual. Karena hilang dua atau tiga biji saja akan merugikan pedagang.

"Untuk mengantisipasi ada yang mengutil karena mahal, disimpannya lebih dekat dengan saya, sehingga tidak dikutil," tambah dia. 

Tidak hanya cabai, kenaikan harga juga terjadi pada daging ayam yakni Rp 36 ribu setiap satu kilogramnya. Daging ayam tersebut harga awalnya dijual Rp 32 ribu sampai Rp 33 ribu perkilogram. 

"Kenaikan ini sudah terjadi dua hari terakhir padahal pasokan tetap normal serta permintaan biasa," tutur Iyan, Pedagang Daging Ayam di Pasar Singaparna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: