Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika Kota Tasikmalaya Hibahkan Aplikasi Penggajian untuk Perusahaan

Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika Kota Tasikmalaya Hibahkan Aplikasi Penggajian untuk Perusahaan

Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika Kota Tasikmalaya saat menghibahkan aplikasi Sipgaji, kemarin Rabu 25 Oktober 2023. Istimewa--

Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika Kota Tasikmalaya Hibahkan Aplikasi Penggajian untuk Perusahaan

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) merupakan salah satu kampus digital kreatif yang mengimplementasikan ilmunya dengan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dengan berbagai cara. Diantaranya dengan hibah, pengabdian masyarakat dan riset atau penelitian.

Pada kali ini, mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika Kota Tasikmalaya program studi (Prodi) Sistem Informasi, melakukan riset dan hibah aplikasi Sipgaji kepada perusahaan general contractor instalatir, PT Sabila Cahaya Gemilang Rabu 25 Oktober 2023 kemarin di ruang rapat kantor PLN Tasikmalaya. 

Riset yang dipimpin Lintang Juwita Safitri dan rekannya, Fajar Surya Gemilang ini bertujuan untuk mengatasi salah satu persoalan dan masalah penggajian pada perusahaan tersebut yang masih manual.

BACA JUGA:JFLS Adakan Lomba Esai Refleksi Mimpi Tingkat SMA Sederajat, Siswa-siswi dari Tasik, Yuk Daftar!

Lintang meyakini bahwa aplikasi Sipgaji yang mereka buat akan membantu sistem penggajian perusahaan yang masih manual. Sistem yang saat ini sedang berjalan pada perusahaan PT Sabila Cahaya Gemilang, memiliki sistem penggajian yang rumit dan masih manual.

Adanya perbedaan gaji antara staff dan pelaksana atau petugas, menjadi alasan mengapa sistem penggajian di perusahaan tersebut masih belum efektif. Sehingga menyebabkan beberapa masalah dalam penggajian karyawan. 

Oleh karena itu, dengan dibuatnya Aplikasi Sipgaji ini, sistem penggajian yang ada di PT Sabila Cahaya Gemilang akan lebih efisien dan efektif.

“Awal yang menjadi dasar kami melakukan riset dan membuat aplikasi penggajian ini karena melihat tidak efektifnya sistem penggajian yang ada di perusahaan tersebut," ujar Lintang Juwita Safitri, Pimpinan Riset Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika Kota Tasikmalaya program studi (Prodi) Sistem Informasi, Kamis 26 Oktober 2023.

BACA JUGA:20 Titik Kebakaran Lahan Terjadi di Kota Banjar, Terkini Kebun Jati Seluas 10 Hektar

"Apalagi saya mengetahui sulitnya menghitung dan menentukan gaji di perusahaan-perusahaan general concractor instalatir," sambungnya.

Hal ini, terang dia, menjadi pemicu bagi kami untuk melakukan riset yang mendalam mengenai solusi dari kesulitan perusahaan-perusahaan general concractor instalatir. 

"Salah satu dari solusi yang kami pilih adalah dengan membuatkannya aplikasi Sipgaji. Dan perusahaan yang kami jadikan tempat riset adalah PT Sabila Cahaya Gemilang yang berpusat di Kota Banjar, namun memiliki anak cabang di Kota Tasikmalaya.” terangnya.

Ketua Program Studi (Kaprodi) Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika kampus Kota Tasikmalaya, Deddy Supriadi menuturkan, aplikasi Sipgaji ini merupakan salah satu ide yang berasal dari mahasiswanya untuk tugas akhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: