Jangan Dilepas, Ini Fungsi Penting dari Spakbor Sepeda Motor

Jangan Dilepas, Ini Fungsi Penting dari Spakbor Sepeda Motor

Jangan Dilepas, Ini Fungsi Penting dari Spakbor Sepeda Motor.-Foto: istimewa-

Jangan Dilepas, Ini Fungsi Penting dari Spakbor Sepeda Motor

RADARTASIK.COM - Sepeda motor memiliki beberapa komponen yang sangat penting.

Bahkan jika salah satu komponen tersebut dihilangkan, bisa berpotensi menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya, dan bahkan yang lebih fatal, dapat berujung pada tindakan pelanggaran lalu lintas dan akan mendapat tilang dari Kepolisian.

Salah satu komponen yang sangat penting adalah spakbor belakang sepeda motor, yang berfungsi juga sebagai tempat dipasangnya identitas sepeda motor atau plat nomor kendaraan.

BACA JUGA:Daftar Harga Tiket Persib vs PSS Sleman dari yang Paling Mahal hingga Termurah Setelah Didiskon 20 Persen

Sub Department Head Technical Service DAM, Ade Rohman mengatakan, spakbor pada sepeda motor reguler sangat penting untuk penampilan, kenyamanan, keamanan, dan kebersihan sepeda motor.

“Spakbor pada sepeda motor dibagi ke dalam dua posisi, yaitu spakbor depan dan spakbor belakang, namun dari masing masing masih dibagi ke dalam 2 bagian lagi spakbor depan bagian belakang dan spakbor belakang bagian dalam."

"Spakbor memiliki beragam model dan jenis yang disesuaikan dengan tipe, fungsi, tampilan dan model setiap sepeda motor,” ujar Ade.

Karena pentingnya komponen ini, spakbor harus selalu ada dan tidak boleh dilepas. Oleh karena itu, berikut adalah fungsi utama spakbor sepeda motor yang perlu diketahui, antara lain:

BACA JUGA:Bupati Tasikmalaya Tegaskan ASN Jangan Keceplosan Memihak dan Harus Netral di Pemilu 2024

1. Melindungi Pengendara dan Penumpang

Spakbor melindungi pengendara dan penumpang yang duduk di kursi belakang dari cipratan air dan kotoran.

Saat berkendara di musim hujan, genangan air yang dilewati biasanya menyebabkan cipratan air dan kotoran terbawa ke arah bagian atas sepeda motor.

Fungsi spakbor adalah untuk menahan cipratan tersebut, sehingga air dan kotoran dapat terkendali dan tidak mengotori tubuh pengendara dan penumpang sepeda motor. Semakin luas spakbor, semakin optimal fungsinya dalam membuat pengendaraan menjadi lebih aman dan nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: