Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Sebut 25 Ribu Santri Padati Dadaha saat Apel HSN

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Sebut 25 Ribu Santri Padati Dadaha saat Apel HSN

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah mendampingi Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin saat Apel HSN di Stadion Wiradadaha, Minggu 22 Oktober 2023. Diskominfo Kota Tasikmalaya--

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Sebut 25 Ribu Santri Padati Dadaha saat Apel HSN

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Puluhan ribu santri melaksanakan apel peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 tingkat Jawa Barat di Stadion Wiradadaha, Minggu 22 Oktober 2023. 

Santri yang datang tak hanya dari Kota Tasikmalaya, melainkan dari seluruh daerah se-Jawa Barat. Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin bertindak sebagai pembina apel. 

Bey mengapresiasi Pemkot Tasikmalaya yang telah menjadi tuan rumah peringatan HSN 2023 tingkat Jabar.

BACA JUGA:Terkenang Momen 7 Tahun Silam, Manuel Locatelli Menangis Setelah Membobol Gawang AC Milan

"Kota Tasikmalaya telah menjadi tuan rumah dengan sangat baik, karena telah menyambut kedatangan santri dari seluruh Jabar," kata dia.

Terang Bey, peringatan HSN dilakukan untuk kembali mengenang dan meneladani perjuangan ulama dan santri dalam memperoleh dan mengisi kemerdekaan. 

Menurut dia, komitmen santri untuk menjaga kemerdekaan Indonesia tak kunjung pudar hingga hari ini. "Mereka tetap memegang teguh, cinta tanah air sebagian dari iman," terangnya.

Dia menjabarkan, pesantren merupakan lembaga pendidikan yang telah jauh berdiri sebelum kemerdekaan Indonesia. 

BACA JUGA:Jadi Ini Ciri Kucing yang Membawa Rezeki Bagi Pemiliknya, Si Oren termasuk? Cek di Sini

Keberadaan santri juga tercatat dengan indah dalam sejarah kemerdekaan bangsa. Selain itu, pesantren menjadi tempat menyemai ajaran Islam yang rahmatan lil alamin, ramah, dan moderat. 

Semangat ajaran itu harus menjadi inspirasi bagi santri untuk berkontribusi dalam perdamaian dunia. 

"Seruan resolusi jihad juga bisa menjadi inspirasi dalam berkontribusi dalam pembangunan mengirimkan kemerdekaan," beber dia.

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah menuturkan, tidak kurang dari 25 ribuan santri mendatangi Kota Resik saat kegiatan tersebut. Tentunya hotel dan penginapan penuh, UMKM ramai dimana-mana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: