Wajah Kamu Bikin Gemes Jadi Inovasi ala Pemkot Banjar

Wajah Kamu Bikin Gemes Jadi Inovasi ala Pemkot Banjar

Wakil Wali Kota Banjar H Nana Suryana Memukul goong sebagai tanda dimulainya inovasi Wajah Kamu Bikin Gemes di Kota Banjar.-Foto: anto sugiarto/radartasik.disway.id-

Wajah Kamu Bikin Gemes Jadi Inovasi ala Pemkot Banjar

KOTA BANJAR, RADARTASIK.COM - Upaya menekan pernikahan dini, Pemerintah KOTA BANJAR meluncurkan inovasi Wajah Kamu Bikin Gemes atau Warga Banjar Cegah Kawin Muda Biang Miskin Generasi Minim Prestasi bagi kalangan remaja yang kebelet cepat nikah. 

Wakil Wali Kota Banjar H Nana Suryana mengatakan inovasi tersebut untuk mencegah pernikahan dini jangan sampai terjadi karena berdampak negatif. 

"Jika pernikahan dini dilakukan ada beberapa hal yang belum siap, salah satunya tidak memahami reproduksi," ucapnya Selasa 17 Oktober 2023. 

BACA JUGA:Semangat Satu Hati Bikers Honda untuk GP Mandalika

Selain itu, dampak pernikahan dini dari sisi mental emosinya masi labil dan biasanya berdampak pada perceraian.

Dampak perceraian tersebut nanti yang menjadi korbannya adalah anak, jika pasangan tersebut memiliki anak. Maka dari itu salah satu cara antisipasinya melalui Wajah Kamu Bikin Gemes.

"Biasanya kalau sudah punya anak, baik oleh bapaknya atau ibunya tidak dibawa melainkan dititipkan ke orang tuanya sehingga jadi beban," tegasnya. 

Menurut orang nomor satu di Kota Banjar mengupayakan untuk tidak terjadi atau menekan terjadinya pernikahan dini karena akibatnya akan banyak negatifnya kalau dilakukan.

BACA JUGA:Bawaslu Petakan Kerawanan dalam Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 di Kabupaten Tasikmalaya

Maka dari itu, pihaknya mendorong adanya kelompok pemuda pelopor yang tersebar di 25 desa kelurahan untuk mengedukasi sesama pemuda agar mengedukasi terkait pernikahan dini. Juga melaksanakan inovasi Wajah Kamu Bikin Gemes.

Melainkan melakukan pernikahan sesuai peraturan, mulai batas usia laki-laki dan perempuan yang sudah matang melangsungkan pernikahan dan memiliki anak. 

"Wadah tersebut bisa menjadi laboratorium kecil untuk tempat belajar bagi generasi muda agar tidak dulu melakukan pernikahan dini, tapi harus mempertimbangkan hal lainnya," ujarnya. 

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana atau DPPKB Kota Banjar Saifuddin mengatakan inovasi Wajah Kamu Bikin Gemes bertujuan agar tidak ada pernikahan diusia muda di tahun 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: