Semringah! 15.000 Warga Jateng Dapatkan Bantuan Pasang Listrik Gratis

Semringah! 15.000 Warga Jateng Dapatkan Bantuan Pasang Listrik Gratis

Sebanyak 15.000 warga Jateng dapatkan bantuan pasang listrik gratis 2023.-Kementerian ESDM-

Semringah! 15.000 Warga Jateng Dapatkan Bantuan Pasang Listrik Gratis

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Sebanyak 15.000 warga Jateng dapatkan bantuan pasang listrik gratis dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Bantuan pasang listrik gratis 2023 dilaksanakan per wilayah. Sabtu 14 Oktober 2023, program ini dilaksanakan di Desa Tegalharjo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati.

Di 10 kecamatan di Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah terdapat 708 rumah tangga yang mendapatkan bantuan ini.

BACA JUGA: Menag Terbitkan SE Panduan Hari Santri 2023, Simak Isi Lengkapnya

Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Pengawas Obyek Vital Nasional Yurod Saleh menjelaskan penerima BPBL Kabupaten Pati tahun ini sebanyak 708 rumah tangga yang tersebar di 10 kecamatan.

Hingga dengan tanggal 5 Oktober 2023 lalu telah menyala sebanyak 650 sambungan rumah tangga yang tersebar di 10 kecamatan.

Dia menyampaikan itu saat peresmian dan penyalaan pertama program BPBL di Desa Tegalharjo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati.

Selain meningkatkan rasio elektrifikasi, dia berharap program BPBL dapat meningkatkan taraf hidup dan kemandirian masyarakat.

BACA JUGA: Mesir Tak Ijinkan Warga AS Melintasi Penyeberangan Rafah Jika Tak Ada Bantuan Kemanusian Masuk ke Jalur Gaza

Dengan memiliki akses listrik sendiri, sambung dia, masyarakat penerima manfaat BPBL tidak lagi tergantung penyediaan listrik dari tetangga.

Yurod mengatakan program BPBL tentu dapat menambah jumlah pelanggan PLN dan dapat mengurangi susut jaringan dari penarikan-penarikan sambungan dari tetangga yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Sambungan listrik yang tidak sesuai dengan kaidah keselamatan ketenagalistrikan akan sangat bahaya bagi masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi VII DPR RI Marwan Jafar mengatakan program BPBL telah dirintis 10 tahun lalu dan menjadi bagian dari upaya pemerintah untuk melistriki secara nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: