PLN Mulai Produksi Hidrogen Hijau, Bahan Bakar Baru Masa Depan

PLN Mulai Produksi Hidrogen Hijau, Bahan Bakar Baru Masa Depan

PLN mulai produksi hidrogen hijau pertama di Indonesia.-PT PLN-

PLN Mulai Produksi Hidrogen Hijau, Bahan Bakar Baru Masa Depan

JAKARTA, RADARTASIK.COM – PT PLN Nusantara Power meresmikan Green Hydrogen Plant (GHP) pertama di Indonesia, Senin 9 Oktober 2023.

Green Hydrogen Plant di kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Muara Karang, Pluit, Jakarta, mampu memproduksi 51 ton hidrogen per tahun.

Green hydrogen merupakan sumber energi bersih yang hanya mengeluarkan uap air, tidak meninggalkan residu di udara atau menambah emisi karbon gas rumah kaca.

BACA JUGA: BBM Baru Pertamina Segera Dipasarkan, Uji Terbang Sukses Dilaksanakan

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Yudo Dwinanda Priaadi menjelaskan hidrogen hijau merupakan bahan bakar alternatif masa depan.

Hidrogen hijau menjadi salah satu pilar utama dalam transisi energi untuk mencapai target Net Zero Emissions (NZE) tahun 2060.

”This is true breakthrough! Yang dilakukan PLN ini terobosan luar biasa,” kata dia dalam keterangan tertulis PLN.

Ke depan, menurut dia, hidrogen hijau ini adalah game changer dalam transisi energi.

BACA JUGA: Para Kiai Doakan Ganjar Pranowo Semoga Sehat dan Berkah Jadi Presiden

Pemerintah komit mengembangkannya dan terus melakukan kajian dan rumusan kebijakan yang lebih komprehensif guna mendorong hidrogen hijau berkembang di Indonesia.

Dia mengatakan Indonesia memiliki peluang besar dalam pengembangan hidrogen hijau. Singapura telah menyatakan kebutuhan hidrogen hijau dan akan menyerap hasil produksi dari Indonesia.

Nantinya, tambah dia, pengembangan harus terus dilakukan seperti membangun storage-nya. Dia yakin kebutuhan atas hidrogen hijau akan terus berkembang.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan GHP merupakan hasil inovasi yang terus dilakukan PLN dalam menjawab tantangan transisi energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: