ASYIK Jembatan Sepanjang 50 Meter Segera Digunakan, Perjalanan Bogor - Sukabumi Semakin Lancar

ASYIK Jembatan Sepanjang 50 Meter Segera Digunakan, Perjalanan Bogor - Sukabumi Semakin Lancar

Jembatan Cikereteg, jembatan sepanjang 50 meter segera digunakan sehingga perjalanan Bogor - Sukabumi semakin lancar.-Kementerian PUPR-

ASYIK Jembatan Sepanjang 50 Meter Segera Digunakan, Perjalanan Bogor - Sukabumi Semakin Lancar

BOGOR, RADARTASIK.COM – Jembatan sepanjang 50 meter segera digunakan pada bulan Oktober 2023 karena rekonstruksinya dipercepat.

Pembangunan kembali alias rekonstruksi jembatan sepanjang 50 meter ini akan memperlancar perjalanan Bogor - Sukabumi.

KM Arsyad selaku Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Hubungan Antar Lembaga menjelaskan Jembatan Cikereteg siap dilalui pada bulan Oktober 2023.

BACA JUGA: Siap-Siap! Tarif Jalan Tol Belmera Naik Mulai 17 September 2023

Pada intinya, Kementerian PUPR siap melaksanakan pembangunan Jembatan Cikereteg dan open traffic akan dilakukan pada bulan Oktober 2023.

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Barat - DKI Jakarta Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR membangun kembali Jembatan Cikereteg dengan panjang 50,8 meter dan lebar 13 meter.

Jembatan Cikereteg berlokasi di Jalan Raya Ciawi - Benda Kabupaten Bogor ini hancur setelah diterjang bencana longsor pada Desember 2022 dan Februari 2023 lalu.

Penanganan jembatan bertipe PCI grider ini meliputi pekerjaan fondasi borepile diameter 80 cm dengan kedalaman 30 meter dan pemasangan gelagar beton tipe I dengan bentang 50,8 meter.

BACA JUGA: Henrikh Mkhitaryan Menjadi Senjata Rahasia Inzaghi untuk Kalahkan AC Milan Lagi

Sedangkan jenis penanganan longsoran dan sungai yaitu pemasangan bronjong dan armor blok beton di hilir sungai guna memperlambat aliran arus air.

Hingga September 2023, progres total pekerjaan Jembatan Cikereteg telah mencapai 58,42% yang mana realisasi pekerjaan stage 1 sisi barat (94%) dan stage 2 sisi timur (56%).

Pembangunan jembatan menggandeng kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya (Persero) sejak dikeluarkan SPMK tanggal 8 Desember 2022 beserta perubahannya dan ditargetkan selesai pada Oktober 2023 dengan rancangan anggaran APBN senilai Rp56,9 miliar.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw mengapresiasi atas progres pembangunan Jembatan Cikereteg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: