Belasan Hektare Kebun Jati di Cipatujah Tasikmalaya Terbakar

Belasan Hektare Kebun Jati di Cipatujah Tasikmalaya Terbakar

Belasan hektare kebun jati milik Perhutani di Desa Cipatujah, Kecamatan Cipatujah terbakar, Sabtu 9 September 2023 sore. istimewa--

Belasan Hektare Kebun Jati di Cipatujah Tasikmalaya Terbakar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Puluhan hektare perkebunan Jati di Desa Cipatujah, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya terbakar, Sabtu 9 September 2023 sore. 

Perkebunan milik Perhutani tersebut sebelumnya ditanami karet dan kini menjadi kebun pohon jati.

Kepala UPTD Damkar Kabupaten Tasikmalaya, Asep Taufiqurohman membenarkan perkebunan pohon jati di Desa Cipatujah mengalami kebakaran.

BACA JUGA:Nokia Feature Phones yang Exsis di Era Smartphone, Harga Hemat Fitur Lengkap

"Kejadiannya sore tadi lebih dari 10 hektare lahan perkebunan yang terbakar," katanya kepada radartasik.com.

Tim dari Damkar dibantu oleh TNI, Polri dan masyarakat berupaya memadamkan api agar kebakaran di kebun jati tersebut tidak meluas.

"Kita menerjunkan 3 mobil pemadam kebakaran (Damkar) ditambah satu mobil tanki," terang Asep.

Saat ini proses pemadam pun masih terus dilakukan oleh petugas. Namun belum bisa dipastikan apa yang menjadi penyebab kebakaran perkebunan jati tersebut. 

BACA JUGA:Wujudkan Energi Berkelanjutan Kementerian ESDM Berikan Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi

"Berbagai kemungkinan. Kalau kebakaran hutan ini bisa dari puntung rokok, ada yang menyalakan api, atau gesekan pohon. Karena kondisi rumput kering, kebakaran pun mudah terjadi," tambah Asep.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran hutan tersebut, hanya saja pohon jati yang cukup luas terbakar. "Alahmdulilah lokasi pun masih jauh dari pemukiman warga," jelas dia.

Hingga berita ini diterbitakan api masih belum bisa dipadamkan. Pemadaman pun masih terus dilakukan oleh petugas Damkar, TNI, Polri dan masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: