Tantangan Petugas Damkar Tasikmalaya saat Memadamkan Api, Keterbatasan Armada, Personel dan Bahan Ejekan

Tantangan Petugas Damkar Tasikmalaya saat Memadamkan Api, Keterbatasan Armada, Personel dan Bahan Ejekan

Bangkai armada Damkar Kabupaten Tasikmalaya yang tidak bisa digunakan. ujang nandar / radartasik.com--

Tantangan Petugas Damkar Tasikmalaya saat Memadamkan Api, Keterbatasan Armada, Personel dan Bahan Ejekan

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tasikmalaya sering kali menghadapi kendala serius ketika harus memadamkan kebakaran.

Mereka hanya memiliki kemampuan untuk mengoptimalkan 3 armada pemadam kebakaran dan satu mobil tanki ketika terjadi bencana kebakaran, dengan tambahan masalah tempat penyimpanan armada yang sangat terbatas.

Kepala UPTD Damkar Kabupaten Tasikmalaya, Asep Taufiqurohman, menjelaskan bahwa meskipun mereka memiliki 9 unit armada pemadam kebakaran, hanya tiga unit armada yang dapat digunakan bersama dengan satu unit mobil tanki.

BACA JUGA:Awal Pertemuan Luffy dengan Kru Pertama Bajak Laut Mugiwara di One Piece, ini Profil dan Keahliannya

"Sisanya tidak bisa digunakan karena rusak," ungkapnya kepada radartasik.com pada Senin, 3 September 2023.

Asep juga mencatat bahwa beberapa unit yang rusak adalah bantuan dari Hibah UPI dan Korea.

"Armada dari Korea tidak dapat digunakan sama sekali karena masalah kelistrikan dan transmisi otomatis yang berada di sebelah kiri," tambah Asep.

Dengan keterbatasan ini, Damkar Kabupaten Tasikmalaya hanya dapat mengandalkan tiga armada pemadam kebakaran dan satu armada tanki milik BPBD untuk mengatasi kebakaran, terutama di daerah yang jauh dari sumber air.

BACA JUGA:Shishio Ternyata Punya 5 Kelemahan, Walaupun Battousai si Pembantai Kesulitan Melawannya di Rurouni Kenshin

Menurut Asep, Kabupaten Tasikmalaya dengan 39 Kecamatan memiliki wilayah yang cukup luas, sehingga menjadi sulit untuk menangani kebakaran hanya dengan tiga armada. Meskipun begitu, mereka masih berusaha untuk mengatasi setiap kejadian kebakaran yang terjadi.

Selain keterbatasan armada, Damkar Kabupaten Tasikmalaya juga menghadapi kekurangan personel. Saat ini, mereka hanya memiliki 23 petugas kebakaran, yang juga dibantu oleh relawan.

"Idealnya, satu armada harus memiliki enam petugas kebakaran," jelasnya.

Asep menjelaskan bahwa mengingat luasnya wilayah Kabupaten Tasikmalaya dengan 39 Kecamatan dan 351 desa, idealnya ada armada Damkar yang siaga di setiap eskuadron.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: