Harta Karun Indonesia Terancam Hilang Akibat Perubahan Iklim

Harta Karun Indonesia Terancam Hilang Akibat Perubahan Iklim

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menjelaskan kondisi terkini salju abadi di Puncak Jaya yang merupakan salah satu harta karun Indonesia.-BMKG-

BACA JUGA: Aturan Baru Biaya Penanganan Pasien Covid-19 di Masa Endemi, Ada Vaksin Gratis dan Berbayar

Catatan BMKG memperlihatkan ketebalan es mencair sebanyak 2,5 meter per tahun pada periode tersebut. pada Desember 2022 diperkirakan ketebalan es yang tersisa hanya 6 meter.

Sementara itu, tutupan es pada tahun 2022 berada di angka 0,23 km2 atau turun sekitar 15% dari luasan pada bulan Juli tahun 2021 yaitu 0,27 km2.

”Fenomena El Nino tahun 2023 ini berpotensi untuk mempercepat kepunahan tutupan es Puncak Jaya,” ujarnya.

Kepunahan salju abadi di Puncak Jaya memiliki dampak besar bagi berbagai aspek kehidupan di wilayah tersebut dan ekosistem yang ada di sekitar salju abadi menjadi rentan dan terancam.

BACA JUGA: Optimalkan Pengelolaan Sampah di TPA Ciangir, Pemerintah Kota Tasikmalaya Dapat Bantuan Truk Sampah dari bjb

Dampak lain dari mencairnya es di Puncak Jaya adalah adanya kontribusi terhadap peningkatan tinggi muka laut secara global.

Karena itu, penting bagi seluruh pihak untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya dalam menjaga lingkungan. Upaya mitigasi perubahan iklim sudah sepatutnya menjadi fokus dari seluruh aksi yang dilakukan.

Mitigasi ini tentu tidak bisa dikerjakan oleh hanya segelintir orang. Dibutuhkan kemauan dan kesadaran dari seluruh pihak mulai dari pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta untuk saling bergandeng tangan untuk melakukan aksi-aksi nyata dalam melakukan mitigasi perubahan iklim yang terjadi di dunia, khususnya di Indonesia.

Caranya, dengan melakukan pengurangan emisi gas rumah kaca dan membangun energi terbarukan. Poin ini menjadi langkah penting dalam menghadapi tantangan perubahan ikim.

BACA JUGA: Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto: Kemerdekaan Mengajarkan Perjuangan dan Tanggung Jawab

Selain itu, kerja sama lintas sektor dalam menjaga keberlanjutan ekosistem dan kehidupan masyarakat di wilayah Indonesia perlu terus diperkuat.

Mencairnya salju abadi di Puncak Jaya merupakan bukti nyata bagaimana perubahan iklim memberikan dampak yang tidak baik bagi kehidupan.

Keberadaan salju abadi yang menjadi kebanggaan Indonesia itu kini terancam punah dalam beberapa tahun ke depan. Hal ini tentu menjadi kehilangan yang sangat signifikan bagi bangsa Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: