ASYIK LRT Bakal Dapat Subsidi Tarif, Sebegini Besarannya

ASYIK LRT Bakal Dapat Subsidi Tarif, Sebegini Besarannya

Mengasyikan LRT bakal dapat subsidi tarif hingga puluhan ribu rupiah.-Kementerian Perhubungan-

ASYIK LRT Bakal Dapat Subsidi Tarif, Sebegini Besarannya

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah merancang besaran subsidi tarif LRT Jabodebek.

Pemberian subsidi tarif LRT Jabodebek dimaksudkan untuk mendorong minat masyarakat beralih ke angkutan massal.

Selain itu, LRT bakal dapat subsidi tarif setelah pemerintah memperhatikan kemampuan daya beli masyarakat.

BACA JUGA: Promo Bayar Tagihan Pakai OVO, Ada Cashback Hingga 50 Ribu OVO Points, Cek di Sini Promonya

Saat ini Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2023 Tentang Penyelenggaraan Kereta Api Ringan Terintegrasi Jabodebek yang diterbitkan pada 8 Juni 2023 menjadi acuan formulasi perhitungan tarif LRT Jabodebek.

Sedangkan besaran subsidi tarif LRT Jabodebek juga ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 67 tahun 2023 tentang Tarif Angkutan Angkutan Orang dengan Kereta Api Ringan Terintegrasi Jabodebek untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik yang diterbitkan pada 14 Juli 2023.

Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal menjelaskan pemerintah menetapkan tarif LRT melalui public service obligation dengan menanggung selisih biaya yang diusulkan operator LRT Jabodebek, agar tarif lebih terjangkau bagi masyarakat banyak.

Untuk menetapkan tarif yang terjangkau kini sudah dilakukan studi oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian. Kajian dalam penghitungan tarif LRT tersebut di antaranya ability to pay (kemampuan untuk membayar).

BACA JUGA: Gelombang Pemain Naturalisasi Sudah Bergerak ke Persib, Striker Uruguay Resmi Mencatatkan Sejarah

Selain itu, ada perhitungan willingness to pay (kemauan untuk membayar), tarif moda transportasi lain sebagai pembanding dan biaya operasional yang dikeluarkan operator.

Dari hasil kajian tersebut, ditetapkan tarif Rp5.000 untuk 1 km pertama dan Rp700 untuk km selanjutnya melalui Keputusan Menhub Nomor 67 tahun 2023 bahwa besaran tarif LRT Jabodebek.

”Di satu sisi kami memperhatikan daya beli masyarakat dan di sisi lain kami juga memperhatikan keberlangsungan dari operator yang mengoperasikan LRT Jabodebek,” ucapnya seperti dilansir laman Kementerian Perhubungan, Minggu 18 Agustus 2023.

Berikut contoh 10 tarif rute LRT bersubsidi:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: