294 Bacaleg Lolos DCS Kota Banjar, KPU Launching Gerobak Pemilu

294 Bacaleg Lolos DCS Kota Banjar, KPU Launching Gerobak Pemilu

Launching Gerobak Pemilu yang dilaksanakan oleh KPU Kota Banjar pada 17 Agustus 2023.-Foto: istimewa-

294 Bacaleg Lolos DCS Kota Banjar, KPU Launching Gerobak Pemilu

KOTA BANJAR, RADARTASIK.COM - Ada 294 orang Bacaleg lolos DCS Kota Banjar. DSC adalah data calon sementara untuk bakal calon legislatif atau bacaleg, yang telah didaftar akan oleh masing-masing partai ke KPU Kota Banjar.

Pengumuman Bacaleg lolos DCS Kota Banjar dilakukan sesauai dengan Pasal 70 Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten/Kota. 

Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Mukhlis mengatakan berdasarkan hasil pencermatan data calon sementara (DCS) yang dilakukan 6 sampai 11 Agustus 2023, ada 332 calon yang memenuhi syarat (MS).

BACA JUGA:Lahan ‘Harta Karun’ dari Tasikmalaya Cuma Disewa Rp60 Juta?

"Yang tidak memenuhi syarat atau TMS ada 44 calon, dari beberapa partai politik yang masuk dalam Pemilu 2024," ucapnya Sabtu 19 Agustus 2023. 

Sambung Danial, pendataan pengajuan awal calon anggota DPRD Kota Banjar sebanyak 400 orang, saat memasuki masa pengajuan perbaikan turun menjadi 373 orang.

Lalu calon yang memenuhi syarat (MS) waktu pengajuan perbaikan 25 Juni hingga 9 Juli sebanyak 294 orang dan tidak memenuhi syarat ada sebanyak 79 orang. Sehingga jumlah ada 294 Bacaleg lolos DCS Kota Banjar 

Danial juga menyampaikan, ada beberap kendala salah satunya banyak Bacaleg yang didaftarkan ke KPU Kota Banjar yang tidak memenuhi syarat karena masih banyak ditemukan kekurangan dokumen.

BACA JUGA:13 Bacaleg Tasikmalaya untuk Pileg 2024 Resmi Gagal Bertarung, Tak Masuk DCS

Kemudian dokumen yang menjadi kekurangan tidak dilengkapi saat proses pengajuan perbaikan. Sehingga banyak juga Bacaleg yang tidak lolos DCS Kota Banjar.

"Selain itu kendala lain banyak yang TMS karena ada calon anggota DPRD Kota Banjar yang mengundurkan diri," tegasnya. 

Lanjut Danial, pengumuman DCS ini akan berlangsung selama 5 hari kedepan dimulai 19 hingga 23 Agustus 2023 mendatang.

Para Bacaleg yang lolos DCS Kota Banjar ini, bisa dilihat oleh masyarakat, yang kemudian masyarakat boleh menyampaikan tanggapan serta masukan ke KPU Kota Banjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: