Mitos Atau Fakta, Warga Bandung dan Indramayu Akan Kecelakaan Bila Mengunjungi Pantai Selatan Tasikmalaya

Mitos Atau Fakta, Warga Bandung dan Indramayu Akan Kecelakaan Bila Mengunjungi Pantai Selatan Tasikmalaya

Ratusan pengunjung sedang bermain air di Pantai Selatan Kabupaten Tasikmalaya beberapa waktu lalu. Istimewa--

Mitos Atau Fakta, Warga Bandung dan Indramayu Akan Kecelakaan Bila Mengunjungi Pantai Selatan Tasikmalaya

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Kecelakaan laut di Pantai Selatan Kabupaten Tasikmalaya yakni Pantai Cipatujah, selalu terjadi setiap tahun.

Dahulu beredar mitos bahwa warga Bandung dan Indramayu akan menjadi korban kecelakaan laut ketika berkunjung ke Pantai Cipatujah.

Warga Cipatujah, Rahmat Saputera mengutarakan, sejak dulu hingga saat ini mitos terkait kecelakaan laut di Cipatujah kabarnya hanya berlaku untuk warga Bandung dan Indramayu. Mitos itu masih berkembang di tengah-tengah masyarakat Cipatujah. 

"Memang masih mendengar soal itu dan sebagian warga masih percaya terhadap mitos itu," katanya kepada radartasik.com, Jumat 18 Agustus 2023.

Menurut dia, mitos tersebut tidak benar. Karena selama ini, kecelakaan laut seperti tenggelam saat berenang tidak berlaku kepada warga Bandung dan Indramayu saja. Kecelakaan itu pun terjadi menimpa warga setempat.

"Karena beberapa kali kecelakaan juga menimpa warga setempat, salah satunya warga Desa Sindangkerta yang rumahnya tidak jauh dari pantai," terang Rahmat.

Rahmat menambahkan, banyaknya kecelakaan laut tenggelam yang dialami warga Bandung dan Indramayu itu karena tidak mengetahui medan atau lokasi pantai yang ada di Cipatujah. 

"Menurut saya ya karena mereka tidak mengetahui medan, apalagi saat itu tidak adanya penjaga pantai seperti balawista. Kalau sekarang sudah ada. Saat itu belum ada rambu-rambu," tambahnya.

Pantai yang ada di daerah Cipatujah itu, jelas dia, merupakan pantai yang berkarang, memiliki lobang-lobang dalam yang langsung mengarah ke bagian tengah laut. Ditambah dengan derasnya gelombang air laut. 

"Tentu bagi warga yang tidak mengetahui medan dan tidak berhati-hati akan terjadi kecelakaan," jelas Rahmat.

Seiring dengan perkembangan zaman saat ini, ditambah sudah ada rambu-rambu di sekitar pantai, maka membantu meminimalisir terjadinya kecelakaan pengunjung. 

"Makanya harus ada perhatian lebih dari pemerintah sebagai pengelola tempat wisata, misalnya membuat rambu-rambu permanen di setiap lokasi rawan kecelakaan," saran Rahmat.

Atas dasar itu, warga yang berkunjung ke pantai-pantai yang ada di Cipatujah harus selalu berhati-hati agar tidak terjadi kecelakaan. "Tetap lah berhati-hati bila berkunjung," sarannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: