Hari Ini Jembatan Baja Terpanjang di Jalan Tol Trans Sumatera Dilakukan Uji Coba Beban

Hari Ini Jembatan Baja Terpanjang di Jalan Tol Trans Sumatera Dilakukan Uji Coba Beban

Jembatan baja terpanjang di Jalan Tol Trans Sumatera dilakukan uji coba beban hari ini.-BPJT-

Hari Ini Jembatan Baja Terpanjang di Jalan Tol Trans Sumatera Dilakukan Uji Coba Beban

RADARTASIK.COMJembatan baja terpanjang di Jalan Tol Trans Sumatera dilakukan uji coba beban hari ini, Jumat 18 Agustus 2023.

Jembatan Sei Wampu merupakan jembatan baja terpanjang di Jalan Tol Trans Sumatera yang menghubungkan Jalan Tol Binjai - Pangkalan Brandan.

Salah satu keunikannya, meskipun memiliki bentang 230 meter dengan main span 130 meter, Jembatan Sei Wampu tanpa menggunakan pilar di tengah.

BACA JUGA: Keren, Persib Bedol Desa 9 Pemain Naturalisasi Diangkut ke Bandung, Semuanya Berlabel Timnas

Jembatan Sei Wampu termasuk dalam tipe jembatan Continuous Bridge Truss, dimana jembatan ini terdiri dari rangka yang menerus. Tumpuan jembatan sendiri berada di tengah bentang yang tidak terpisah.

Dalam membangun Jembatan Sei Wampu, Hutama Karya Infrastruktur (HKI) menggunakan metode pondasi bore pile, yang merupakan fondasi dalam berbentuk seperti tabung panjang.

Fungsi bore pile sendiri yakni mengalirkan beban berat konstruksi ke dalam lapisan tanah keras agar bangunan dapat berdiri kokoh.

Sedangkan metode aplikasi tiang pancang (bore pile) dalam proses membangun jembatan penghubung untuk meminimalisir tingkat kebisingan dan efek pergerakan tanah yang besar.

BACA JUGA: Jalan Tol Trans Sumatera Punya 2 Jembatan Terpanjang di Indonesia, Ikonik Banget

Pemandangan alam di sekitar lokasi pembangunan jembatan baja terpanjang di Jalan Tol Sumatera sangat indah.

Selain menggunakan teknologi baru pada jembatan rangka baja terpanjang, Jalan Tol Binjai - Pangkalan Brandan sudah memakari lead rubber bearing (LRB).

Teknologi LRB ini juga telah diaplikasikan PT Hutama Karya pada beberapa Jalan Tol di Indonesia seperti Jalan Tol Bangkinang - Koto Kampar (Pangkalan).

Salamat Simanullang, Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian dan Kemaritiman, meninjau jembatan rangka baja terpanjang di Tol Trans Sumatera, itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: