Unik, Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 di Tasikmalaya Bernuansa Sunda

Unik, Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 di Tasikmalaya Bernuansa Sunda

Suasana upacara bendera merah putih dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan di BRP, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Kamis 17 Agustus 2023. rezza rizaldi / radartasik.com--

Unik, Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 di Tasikmalaya Bernuansa Sunda

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Hari H Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 disambut antusias seluruh masyarakat Indonesia. 

Seperti di Kota Tasikmalaya sejak Kamis 17 Agustus 2023 pagi, warga semangat beraktivitas di luar rumah mengikuti berbagai kegiatan.

Kegiatan memeriahkan Hari Kemerdekaan yang diikuti warga itu mulai dari upacara peringatan Hari Kemerdekaan, jalan santai, pawai atau karnaval hias dan perlombaan lainnya.

BACA JUGA:Dirgahayu Republik Indonesia, Ini 5 Kontribusi BRI untuk Rakyat!

Khususnya upacara peringatan Hari Kemerdekaan ini tak hanya dilakukan instansi pemerintahan yang dipusatkan di Bale Kota, dan instansi swasta.

Berbagai kelompok masyarakat pun antusias melakukan upacara tersebut di lingkungan rumahnya masing-masing. 

Seperti halnya yang dilakukan warga Bumi Resik Panglayungan (BRP), Kelurahan Panglayungan, Kecamatan Cipedes.

Ratusan warga dari 3 RW di lokasi tersebut melakukan upacara peringatan Hari Kemerdekaan. Uniknya, semua peserta memakai pakaian adat Sunda.

BACA JUGA:Stop Bullying dan Kekerasan di Kalangan Pelajar, F3P Kota Banjar Beri Kiat-kiatnya

Tak hanya itu, pengantar dalam upacara tersebut juga menyampaikannya dalam bahasa Sunda. Sehingga upacara di lokasi ini kental nuansa kesundaannya.

Padahal, warga di 3 RW tersebut tak hanya asal Jawa Barat. Namun ada yang berasal dari Jogjakarta, Surabaya, Medan bahkan Papua. Semua semangat mengikuti upacara tersebut.

Dalam upacara itu Brigpol Purnawirawan, Aan Iskandar menjadi Inspektur Upacara dan Komandan Upacara, Kompol Purnawirawan Didik Rohim Hadi.

Ketua Panitia Upacara, Nana Nursumarna mengatakan, upacara Peringatan Hari Kemerdekaan dengan nuansa Sunda tapi tak mengubah pakem-pakem tata upacara bendera yang diterapkan adalah kali kedua dilaksanakan warga BRP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: