Ini Langkah Pencegahan yang Perlu Diambil dari Ancaman Kebocoran Akses WiFi

Ini Langkah Pencegahan yang Perlu Diambil dari Ancaman Kebocoran Akses WiFi

Ini langkah pencegahan yang perlu diambil dari ancaman kebocoran akses WiFi.--

BACA JUGA: Amunisi Baru Persib Langsung Dimainkan Lawan Barito Putera? Kehadirannya Bawa Angin Segar bagi Bobotoh

Untuk laptop dan komputer, disarankan untuk melakukan format drive fisik. Sementara untuk perangkat lain, sebaiknya melakukan reset pabrik dengan menghapus semua data. 

Selanjutnya, periksa pengaturan jaringan untuk memastikan bahwa koneksi WiFi benar-benar telah dihapus.

2. Ubah Pengaturan WiFi. Setelah mengganti perangkat lama dengan yang baru, pastikan untuk mengubah kata sandi jaringan WiFi dan memperbarui pengaturan pada semua perangkat yang terhubung. 

Pastikan selalu menggunakan kata sandi yang kuat dan panjang, serta sebaiknya menghasilkan kata sandi acak daripada sekadar menambahkan angka atau huruf di bagian akhir.

BACA JUGA: Keren! Kota Banjar Bangun Desa Digital, Warga Butuh Internet Tinggal GRATISAN Juga Pasang Kamera ATCS

3. Kontrol Akses Secara Ketat. Konfigurasikan router untuk mengisolasi dan membatasi akses perangkat yang tidak dikenal atau baru terhubung.

Jika perangkat telah dijual atau tidak lagi digunakan, lebih baik mengisolasi perangkat tersebut melalui pengaturan router daripada hanya menghapusnya dari daftar perangkat terhubung. 

Jika penyerang mencoba untuk menghubungkan dengan kredensial yang dicuri, akses akan tetap terblokir dengan cara ini.

4. Gunakan Solusi Keamanan untuk Rumah Pintar. Jika langkah-langkah di atas terlalu rumit, pengguna dapat memanfaatkan solusi keamanan untuk rumah pintar.

BACA JUGA: Kisah Sedih Tomoe Yukishiro, Istri Battousai si Pembantai yang Tewas di Rurouni Kenshin

Aplikasi semacam ini dapat membantu mengonfigurasi pengaturan WiFi dengan benar, mendeteksi perangkat yang tidak dikenal atau tamu yang terhubung dan memberikan peringatan jika ada perangkat yang mencurigakan terhubung ke jaringan.

Dengan mengambil langkah-langkah pencegahan ini, pengguna dapat menjaga jaringan WiFi mereka dari ancaman kebocoran yang dapat menyebabkan konsekuensi serius dan merugikan.

Selain itu, kesadaran dan edukasi tentang keamanan siber juga sangat penting agar pengguna dapat tetap waspada terhadap potensi ancaman dan melindungi data dan privasi mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: