Polres Tasikmalaya Kota Mulai Terapkan Ujian Praktik Model Baru SIM C, Lintasan Lebih Mudah Asalkan Tenang

Polres Tasikmalaya Kota Mulai Terapkan Ujian Praktik Model Baru SIM C, Lintasan Lebih Mudah Asalkan Tenang

Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP SY Zainal Abidin saat memantau pelaksanaan penerapan ujian praktik model baru SIM C di Mapolres Tasikmalaya Kota, Senin 7 Agustus 2023. Istimewa--

Polres Tasikmalaya Kota Mulai Terapkan Ujian Praktik Model Baru SIM C, Lintasan Lebih Mudah Asalkan Tenang

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP SY Zainal Abidin memeriksa pelaksanaan ujian praktik SIM C model baru di Mapolres Tasikmalaya Kota pada Senin 7 Agustus 2023. 

Dalam kunjungannya, Kapolres ditemani oleh Waka Polres Kompol Dhoni Erwanto, Kasat Lantas AKP Tedjo Reno, Kasi Propam Iptu RE Budhi, dan Baur SIM Aiptu Kohar Herman. 

Mereka berinteraksi langsung dengan pemohon SIM C yang sedang menjalani tes ujian praktik.

"Mulai hari ini, Polres Tasikmalaya Kota menerapkan uji praktik baru untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan SIM C," ujar AKBP SY Zainal Abidin.

Kasat Lantas AKP Tedjo Reno Indratno menjelaskan, bahwa lintasan ujian praktik mengalami perubahan, di mana lintasan angka 8 telah diganti menjadi lintasan S. 

Selain itu, lebar lintasan juga diperbesar dari 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan.

Proses ujian praktik dimulai dengan menghadapi lintasan lurus, dilanjutkan dengan menghadapi tulisan REM dan kotak kuning yang menguji kemampuan pemotor dalam pengereman hingga berhenti sesuai tanda STOP.

Peserta ujian kemudian melakukan manuver tikungan dengan memutar arah dan melintasi lintasan S.

Selanjutnya, peserta menghadapi pengujian pengereman lagi dengan arah tujuan berhenti ke kiri dan kanan. 

Kasat Lantas menegaskan bahwa jajaran kepolisiannya akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai perubahan ujian SIM C ini.

Beberapa pemohon SIM C yang telah lulus ujian praktik dengan lintasan model baru mengungkapkan bahwa mereka merasa lintasan yang baru tidak terlalu sulit asalkan dilakukan dengan ketenangan. 

"Lintasan yang baru ini tidak terlalu sulit, hanya perlu ketenangan saja," tutur Saeful Rohman, salah satu pemohon yang lulus ujian praktik.

Pendapat serupa juga diutarakan oleh seorang mahasiswa bernama Viky Anwar. Dia berhasil lulus ujian praktik SIM C. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: