Dosen Unsil Berikan Pelatihan Penjualan Produk UMKM Secara Digital di Pangandaran

Dosen Unsil Berikan Pelatihan Penjualan Produk UMKM Secara Digital di Pangandaran

Tim Dosen Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsil melaksanakan kegiatan PPM-KM di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. istimewa--

Dosen Unsil Berikan Pelatihan Penjualan Produk UMKM Secara Digital di Pangandaran

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Dosen Jurusan Akuntansi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi (Unsil) melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat dengan skema Kemasyarakatan (PPM-KM) belum lama ini.

PPM-KM ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan kelompok UMKM di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Pangandaran, Jumat 25 Juli 2023.

Tim yang terlibat dalam kegiatan ini terdiri dari Dr Jajang Badruzaman SE MSi Ak, Tedi Rustendi SE MSi Ak, Pretisila Kartika Putri SE MSi Ak dan Tiara Pradani SE MSi Ak. 

BACA JUGA:Sedang Bersinar, Bek Persib Jadi Target Klub Malaysia, Kirim Utusan Khusus untuk Segera Dapat Tandatangannya

Acara dibuka oleh Kepala Desa Kertayasa, Abdurrahman, dan mendapat sambutan dari Ketua Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi, Rd Neneng Rina Andriani SE MM Ak CA.

Ketua Kelompok PPM-KM, Dr Jajang Badruzaman, mengungkapkan bahwa kegiatan PPM kelompok ini melanjutkan tema pengabdian kepada masyarakat tahun lalu, yakni permasalahan pemasaran produk UMKM di Desa Kertayasa seperti opak bakar, seriping pisang, sale pisang, dan nata de coco.

"Untuk pemasaran produk UMKM itu memerlukan pemasaran digitalisasi melalui Marketplace," paparnya.

Dr Jajang menyatakan bahwa kelompok UMKM tersebut masih minim dalam pemasaran produk secara digital, terbatas pada pemasaran secara luring melalui warung atau toko. 

BACA JUGA:Keren Nih Lapas Klas IIB Banjar! One Day One Product Warga Binaan Diperkenalkan ke Masyarakat

"Padahal saat ini pemasaran secara digital sangat didorong untuk dilakukan demi membantu pelaku UMKM memasarkan produknya secara lebih luas dan mampu meningkatkan penjualan produknya," terangnya.

Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan tentang pemasaran digital melalui Marketplace seperti Shopee, termasuk eksplorasi fitur shopee live dan pembuatan akun TikTokShop yang sedang tren di kalangan pecinta online shopping.

Tim PPM-KM memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM Desa Kertayasa, meliputi review toko di Marketplace Shopee yang telah dibuat tahun lalu oleh Pretisila Kartika Putri SEnMSinAk dan eksplorasi fitur Shopee Live. 

Selain itu, Tiara Pradani SEnMAk memberikan pelatihan pembuatan akun TikTokShop.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: