Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diteruskan hingga Surabaya

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diteruskan hingga Surabaya

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung diteruskan hingga Surabaya. Istimewa-tangkapan layar ponsel--

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diteruskan hingga Surabaya

RADARTASIK.COM - Kabar gembira bagi pecinta kereta, pasalnya Kemenhub akan meneruskan proyek kereta cepat yang semula hanya Jakarta-Bandung, kini diteruskan hingga Surabaya.

Hal tersebut diungkapkan oleh juru bicara Kemenhub, Adita Irawati, saat mengklarifikasi soal kabar proyek Kereta Api Jakarta-Surabaya akan didepak dari daftar proyek strategis nasional (PSN).

"Proyek Kereta Jakarta-Surabaya (yang mau dihapus dari PSN) ini adalah proyek KA Semi Cepat. Berbeda dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang sudah dalam tahap menjelang operasi," katanya dikutip dari berbagai sumber.

BACA JUGA:Puluhan Remaja Tasikmalaya Pesta Minuman Keras di Samping Rel Kereta Api

Kemenhub mengonfirmasi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang akan diteruskan hingga Surabaya. Klarifikasi tersebut terkait kabar bahwa proyek lainnya, yaitu Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya akan dihapus dari daftar proyek strategis nasional (PSN).

Adapun faktor penyebab proyek tersebut berkemungkinan dihapus dari PSN, diantaranya adalah belum ada kejelasan pihak yang akan memodalinya, serta butuh biaya besar dan jangka waktu yang panjang.

Kereta cepat adalah sistem transportasi rel yang menggunakan teknologi canggih untuk beroperasi dengan kecepatan tinggi, biasanya melebihi 250 kilometer per jam. 

Ini memungkinkan kereta api cepat untuk mencapai tujuan lebih cepat daripada kereta api konvensional, mengurangi waktu perjalanan antara kota-kota yang jauh berjarak.

BACA JUGA:Liga 1, Stefano Cugurra Turunkan Mantan Pemain Persib Saat Lawan Dewa United, Hasilnya Bali United Menang

Pada tahun 2021, Indonesia telah merencanakan proyek kereta api cepat antara Jakarta dan Bandung. Proyek ini merupakan proyek kolaborasi antara Indonesia dan China. 

Kereta api cepat ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan efisiensi perjalanan antara kedua kota tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: