3 Ruangan Kelas di 2 Sekolah Dasar Kabupaten Tasikmalaya Ambruk, Kondisinya Rusak Parah

3 Ruangan Kelas di 2 Sekolah Dasar Kabupaten Tasikmalaya Ambruk, Kondisinya Rusak Parah

Kolase bangunan kelas SDN di Tasikmalaya yang ambruk, Senin 24 Juli 2023. Istimewa--

3 Ruangan Kelas di 2 Sekolah Dasar Kabupaten Tasikmalaya Ambruk, Kondisinya Rusak Parah

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Dua bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Tasikmalaya ruangan kelasnya mengalami ambruk dan kerusakan yang cukup parah. 

Kedua sekolah yang ambruk ruangan kelasnya itu adalah SDN Cikawung di Kecamatan Culamega dan SDN Karangdan di Kecamatan Padakembang.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut karena ambruknya bagian plafon hanya terjadi saat proses belajar mengajar di luar kelas, yaitu pelajaran olahraga.

BACA JUGA:Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya Akan Optimalkan Pengelolan Aset Eks Setda dan Terminal, Ini Rencananya

"Kejadianya hari ini pak (Senin, 24 Juli 2023, Red) kebetulan saat itu anak-anak tengah melaksanakan pembelajaran olahraga, Alhamdulilah tidak ada siswa yang tertimpa," ujar Kepala SDN Cikawung, Mustofa Arifin, Senin 24 Juli 2023.

Di SDN Cikawung, ambruknya ruangan kelas di bagian plafon terjadi di ruangan kelas 3, namun tidak ada siswa yang tertimpa. 

Sebelumnya, pihak sekolah telah mencoba menyangga bagian plafon yang sudah terlihat akan ambruk, tetapi mungkin karena rusaknya semakin parah, akhirnya plafon ambruk.

Ruang kelas di SDN Cikawung telah mengalami kerusakan sejak tahun 2018, namun tidak ada perbaikan yang dilakukan selama ini. 

BACA JUGA:Masyarakat Kampung Pulo Majeti Kota Banjar Gelar Hajat Bumi

Kondisi tersebut semakin parah karena adanya serangan rayap. Saat ini, ruang kelas 1 dan 2 juga sudah menggunakan bambu sebagai penyangga untuk mengantisipasi kemungkinan ambruk.

Meskipun ruang kelas yang ambruk tersebut tidak bisa digunakan, proses pembelajaran tetap dilanjutkan dengan sistem bergilir, yaitu pembelajaran pagi dan siang untuk kelas 1, 2, dan 3. 

Pihak sekolah telah menginformasikan kondisi ini kepada Dinas Pendidikan (Disdik) dan berharap agar ada solusi dan perbaikan yang segera dilakukan.

Selain SDN Cikawung, kerusakan juga terjadi di SDN Karangdan Kecamatan Padakembang. Dua ruang belajar di SDN Karangdan sudah lama rusak dan tidak bisa digunakan lagi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: