Masyarakat Kampung Pulo Majeti Kota Banjar Gelar Hajat Bumi

Masyarakat Kampung Pulo Majeti Kota Banjar Gelar Hajat Bumi

Penampilan kesenian debus pada acara Hajat Budi di Kampung Pulo Majeti Kota Banjar.-Anto Sugiarto/Radartasik.com-

Masyarakat Kampung Pulo Majeti Kota Banjar Gelar Hajat Bumi

BANJAR, RADARTASIK.COM – Memperingati Tahun Baru Islam, masyarakat adat Kampung Pulo Majeti Kelurahan Purwaharja Kota Banjar menggelar Hajat Bumi.

Acara yang dikenal dengan istilah Ngabumi ini digelar setiap tahun oleh masyarakat setempat secara gotong royong. Tujuannya untuk melestarikan adat istiadat dan nilai-nilai luhur yang telah diwariskan oleh para pendahulu.

Kawargi Adat Pulo Majeti Emed Setiawan mengatakan Hajat Bumi merupakan bentuk syukur atas hasil panen selama satu tahun dan berkomitmen untuk menjaga kelestarian sumber daya alam dan ekosistemnya.

BACA JUGA: Kim Do Hoon Resmi Jadi Pelatih Baru Persib? Ini 3 Fakta soal Kim Do Hoon yang Harus Bobotoh Ketahui

"Hajat Bumi mengajak semua orang untuk membangun kehidupan sosial yang baik, melalui sikap saling menghormati dan membantu. Khususnya menjaga persatuan dan persaudaraan antar sesama manusia," ucapnya, Senin 24 Juli 2023.

Sambung dia, Hajat Bumi diselenggarakan selama 3 hari 3 malam, mulai Ahad sampai Selasa 23 – 25 Juli 2023 dipusatkan di sekitar situs Pulo Majeti Kecamatan Purwaharja Kota Banjar.


Sekda Kota Banjar H Soni Harison saat menerima hasil bumi dari Raden Koswara.-Anto Sugiarto/Radartasik.com-

Berbagai kegiatan diadakan seperti nyangkreub, mipit, seba, kirab, tari pohaci, pencak silat, debus, ronggeng, istighosah, sawala budaya, puisi dan lainnya.

"Nuansa persaudaraan sangat menyejukkan dalam perayaan Hajat Bumi tahun ini. Ikut terlibat warga etnis Tionghoa yang tergabung dalam kelompok Masyarakat Tionghoa Peduli Kota Banjar,” kata dia. 

BACA JUGA: CATAT, Jadwal Kedatangan Pelatih Baru Persib di Bandung, Bobotoh Tak Sabar Gebrakannya

Anggota masyarakat Tionghoa Peduli Kota Banjar Suhindra mengaku ini merupakan wujud komitmen kebangsaan dan persaudaraan sesama anak bangsa.

"Kami hadir karena ingin ikut melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia, khususnya Kota Banjar," tuturnya.

Sekda Kota Banjar H Soni Harison mewakili Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjar mengatakan Hajat Bumi adalah salah satu visi misi Kota Banjar yang keenam yaitu mengembangkan potensi dan daya tarik wisata.

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi ikon dan event tahunan yang diselenggarakan oleh masyarakat Kampung Pulo Majeti yang melibatkan stakeholder terkait,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: