Saham Apple Naik Setelah Disebut Tengah Mengembangkan AI

Saham Apple Naik Setelah Disebut Tengah Mengembangkan AI

Saham Apple naik setelah disebut tengah mengembangkan AI.--Instagram

Saham Apple Naik Setelah Disebut Tengah Mengembangkan AI

RADARTASIK.COM – Saham Apple mengalami kenaikan setelah sebuah laporan menyebut bahwa produsen iPhone tengah mengembangkan Al menyerupai ChatGPT secara internal pada Rabu 19 Juli 2023.

Lebih lanjut pada paruh pertama perdagangan Wall Street, saham Apple naik sekitar 1% pada Rabu waktu setempat. Saham Apple sempat mencapai USD 198 atau Rp 29,62 juta per lembar.

Saat ini, Apple tetap menjadi perusahaan dengan nilai kapitalisasi pasar tertinggi di dunia, mencapai USD 3,07 triliun atau setara dengan Rp 46.050 triliun (dengan asumsi kurs Rp 15.000 / USD).

BACA JUGA: HORE, Pelatih Baru Persib Segera Tiba di Bandung, Ini Bocoran Sosoknya

Untuk memberikan gambaran, valuasi Apple tersebut 4,65 kali lebih besar daripada total kapitalisasi pasar Bursa Efek Indonesia (BEI).

Keberadaan kecerdasan buatan (AI) yang dikembangkan oleh Apple menunjukkan komitmennya dalam menghadapi perkembangan teknologi terbaru. 

Pendiri Steve Jobs telah menginspirasi perusahaan ini untuk serius dalam mengikuti kemajuan tersebut.

Kabarnya, Apple sedang mempertimbangkan untuk mengintegrasikan teknologi AI ini ke dalam produk-produknya yang akan datang.

BACA JUGA: PENGUMUMAN Buat Warga Sekitar Jalan Sewaka Kota Tasikmalaya, Siap-Siap Nih Sambut Exit Tol Getaci!

Selama setahun terakhir, para teknolog dan investor tertarik pada Large Language Models (LLM), teknologi AI yang mampu menghasilkan teks atau kode yang seolah-olah ditulis oleh manusia. Fitur ini telah diadopsi oleh ChatGPT.

Apple telah membentuk fondasi internal untuk pengembangan AI yang disebut "Ajax”. Tim software engineer di perusahaan ini telah berhasil menciptakan chatbot yang beberapa orang sebut sebagai "Apple GPT”.

 Akses ke chatbot ini saat ini dibatasi eksklusif hanya untuk pelanggan Apple. Beberapa staf di Apple percaya bahwa perusahaan ini berencana untuk mempromosikan fitur AI ini mulai tahun depan.

Selain menggunakan LLM, Apple juga memanfaatkan berbagai kecerdasan buatan lainnya dalam produknya, seperti pengenalan ucapan oleh Siri dan kemampuan aplikasi Foto untuk mendeteksi wajah dan hewan peliharaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: