Sambut 1 Muharram, Ribuan Warga Kota Tasikmalaya Pawai Obor Keliling Pusat Perkotaan

Sambut 1 Muharram, Ribuan Warga Kota Tasikmalaya Pawai Obor Keliling Pusat Perkotaan

Warga Indihiang berjalan kaki menuju pusat perkotaan Tasikmalaya sambil Pawai Obor, Selasa 18 Juli 2023 malam. Istimewa--

Sambut 1 Muharram, Ribuan Warga Kota Tasikmalaya Pawai Obor Keliling Pusat Perkotaan

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Ribuan warga di Kota Tasikmalaya merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah dengan menggelar pawai obor, Selasa 18 Juli 2022 malam.

Kegiatan ini menjadi momen istimewa karena setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19, warga dapat kembali bersatu dalam kebersamaan.

Seperti pantauan di sepanjang Jalan Indihiang, peserta pawai berjalan kaki menuju pusat Kota Tasikmalaya sambil membawa obor dan pernak-pernik lainnya. 

BACA JUGA:Cihuy! Warga di 153 Desa Terdampak Jalan Tol Getaci Bakal Kaya Mendadak

Di tengah perjalanan, mereka sambil melantunkan bacaan zikir dan solawat nabi. Ada juga peserta pawai obor yang lain memamerkan aksi menyembur api.

Tujuan dari kegiatan ini adalah mempererat hubungan antarwarga Kota Tasikmalaya, sekaligus membangkitkan semangat umat Islam dalam menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah.

Seperti diungkapkan Ketua RW 12 Perum Mutiara Citara, Kecamatan Indihiang, Dwi Friastoto, pawai obor ini merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan. 

"Alahandulilah, untuk peringatan 1 Muharam 1445 hijriah ini diikuti oleh 12 RW di kelurahan Sukamaju kidul Kecamata Indihiang Kota Tasikmalaya," paparnya.

BACA JUGA:Kebakaran Rumah di Ciamis, 3 Motor Ikut Ludes, Kerugian Materil Ditaksir Kurang Lebih Rp500 Juta

Tahun ini, pesertanya meningkat drastis dari sebelumnya yang hanya 2000 orang menjadi sekitar 3000 hingga 4000 peserta. Yang membuat perbedaan menarik pada tahun ini adalah peserta pawai obor membentuk formasi "lafadz Allah," di sebuah lapangan sepak bola.

Sementara itu, Penjabat Wali (PJ) Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah merasa senang dengan antusiasme warga dalam menyambut Tahun Baru Islam, khususnya di Kota Tasikmalaya yang dikenal dengan julukan "Kota Santri".


Pj Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah bersama peserta Pawai Obor. Istimewa-tangkapan layar ponsel--

Ia merasa senang melihat keramaian dan kebahagiaan warga yang kompak dalam merayakan malam Tahun Baru Islam ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: