Cuma Manfaatkan Pekarangan Rumah Warga di Kota Tasikmalaya, Dapat Hadiah Jutaan Rupiah

Cuma Manfaatkan Pekarangan Rumah Warga di Kota Tasikmalaya, Dapat Hadiah Jutaan Rupiah

Wakil Gubernur H Uu Ruzhanul Ulum didampingi Pj. Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah menyerahkan hadiah uan jutaan rupiah kepada kelompok tani yang manfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam.-Foto:tangkapanlayar/dok kominfo kota tasikmalaya-

BACA JUGA:Dua Anjing Jojo dan Luna, Pasangan Pengantin Baru yang Lagi Happy, Bakal Bagi-Bagi Hadiah Jutaan Rupiah

Kelompok Taruna Tani Sugema di Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Cibeureum.

Kelompok Wanita Tani Karya Tani di Kelurahan Setiamulya, Kecamatan Tamansari.

Kelompok Wanita Tani Mawa di Kelurahan Margabakti, Kecamatan Cibeureum.

Salah satu kelompok tani yang manfaatkan pekarangan rumah warga untuk bercocok tanam adalah Kelompok Taruna Tani Sugema, yang berasal dari RW 018 Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya. 

BACA JUGA:Status Ribuan Satpol PP Non PNS se-Indonesia Masih Mengambang

Meskipun mereka memiliki lahan yang sempit karena berada di kompleks perumahan, mereka berhasil menanam berbagai macam tanaman pangan yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat sekitar.

Mereka menanam sekitar 15 jenis tanaman obat keluarga (toga) dan berbagai jenis sayuran seperti tomat, pakcoy, seledri, cabe, bawang daun, bawang merah, dan pagoda.

Kelompok Taruna Tani Sugema secara bertahap memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warga di kompleks Kota Baru mengenai manfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam dalam rangka menurunkan angka inflasi.

Mereka juga siap memfasilitasi warga yang ingin bercocok tanam dengan menyediakan pupuk dan benih. Selain memenuhi kebutuhan konsumsi sendiri.

BACA JUGA:Tol Getaci Bakal Lewati 3 Kampung di Kelurahan Karang Anyar Kota Tasikmalaya, Bakal Jadi ‘Orang Kaya’ Mendadak

Kelompok ini juga telah menghasilkan produk unggulan seperti magot kering dan boncabe yang dapat dijual melalui beberapa marketplace.

Kelompok Taruna Tani Sugema menerima Award Sadar Inflasi dari Pemerintah Kota Tasikmalaya, yang diserahkan pada tanggal 17 Juli 2023 di Halaman Balekota Tasikmalaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber