Ingin Mencari Kerja? Berikut Skills Yang Dibutuhkan Perusahaan 2023

Ingin Mencari Kerja? Berikut Skills Yang Dibutuhkan Perusahaan 2023

Ingin Mencari Kerja, Berikut Skills Yang Dibutuhkan Perusahaan 2023-Firgiawan/Radar Tasikmalaya-

RADARTASIK.COM – Susahnya mencari pekerjaan di zaman sekarang, banyak sekali saingan yang bahkan lebih menarik perhatian, dan apalagi sekarang harus mempunyai kemampuan atau skill khusus agar diterima.

Jika ingin diterima saat melamar pekerjaan, maka kalian harus mempunyai soft skill dan hard skill. Kemampuan tersebut akan menjadi daya tarik untuk diterima perusahaan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), hingga Februari 2023 jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7,99 juta orang. Meskipun angka tersebut menurun sebanyak 410 ribu orang atau 4,88 persen, yakni dari 8,40 juta pengangguran berdasarkan pendataan hingga Agustus 2022, jumlah tersebut masih tergolong banyak.

Penting untuk mengembangkan soft skill dan hard skills yang kini paling dibutuhkan perusahaan agar mendapatkan kesempatan kerja.

BACA JUGA:Bapak Haji Ibu Haji, Sertifikat Ibadah Haji Sudah Bisa Diunduh, Berikut Caranya

Melansir dari LinkedIn, kekurangan bakat global telah mencapai tingkat tertinggi dalam 16 tahun terakhir. Sekitar 75 persen pengusaha mengaku tidak dapat menemukan bakat yang dibutuhkan perusahaan, yakni kombinasi antara hard skill dan soft skill yang tepat.

Secara tidak langsung, hal tersebut turut berpengaruh terhadap jumlah orang yang direkrut perusahaan. Maka dari itu, fokus mengembangkan keterampilan yang paling dibutuhkan oleh perusahaan saat ini, seperti soft skill dan hard skill, penting untuk dilakukan agar dapat memperoleh kesempatan kerja.

Melansir dari Indeed, hard skill merupakan pengetahuan teknis atau latihan yang memberikan kamu pengalaman, baik dalam karir dan juga pendidikan.

Sederhananya, hard skill merupakan kemampuan yang kamu pelajari, serta dilatih secara konsisten sehingga kamu menguasainya dengan baik. Contohnya manajemen database, arsitek, marketing SEO, analisis statistik.

BACA JUGA:Persib Rasa Spanyol Kian Luntur, Alberto Rodriguez Ditinggal Sang Pelatih, Akankah Ia Profesional Tanpa Milla?

Sementara soft skills berbeda dengan hard skill, soft skills cenderung berkaitan dengan keterampilan komunikasi, sosial dan juga kebiasaan.

Soft skill melekat kepada diri seseorang, yaitu kemampuan interpersonal dalam berinteraksi dan juga bersosialisasi baik dalam kehidupan dan juga di dunia kerja.

Bila hard skills akan membantu kamu mengerjakan pekerjaan teknis, soft skills akan membantu kamu menciptakan lingkungan kerja yang produktif, efektif dan juga positif. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang membutuhkan kandidat dengan soft skill dan hard skill sekaligus.

Berikut soft skills dan hard skills yang dibutuhkan perusahaan:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: