Belanda Serahkan 472 Harta Karun ke Indonesia, Ini Daftarnya

Belanda Serahkan 472 Harta Karun ke Indonesia, Ini Daftarnya

Kerajaan Belanda serahkan 472 harta karun ke Indonesia berupa koleksi benda bersejarah.-Kemendikbudristek-

Belanda serahkan 472 harta karun ke Indonesia, Ini Daftarnya

BELANDA, RADARTASIK.COM – Secara resmi Kerajaan Belanda serahkan 472 harta karun ke Indonesia.

Harta karun berupa koleksi benda bersejarah ini serahkan Kerajaan Belanda ke Indonesia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Koleksi benda bersejarah yang diserahkan Menteri Muda Bidang Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Kerajaan Belanda Gunay Uslu kepada Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid di Museum Volkenkunde, Leiden, Belanda, Senin 10 Juli 2023.

BACA JUGA: Sudah Tergambar Pengganti Tyronne del Pino di Persib, Tak Kalah Cemerlang, Catatan Assistnya Luar Biasa Hebat

Pemerintah Indonesia menyambut baik penyerahan koleksi benda bersejarah ini dan akan merawatnya dengan hati-hati.

”Indonesia, dalam hal ini Kemendikbudristek akan melakukan konservasi dan pemanfaatan terbaik untuk benda-benda budaya ini,” janji Hilmar.


Kerajaan Belanda serahkan 472 harta karun ke Indonesia berupa koleksi benda-benda bersejarah.-Kemendikbudristek-

Benda bersejarah yang diserahkan ini terbagi menjadi 4 koleksi antara lain 1 Keris Puputan Klunkung dari Kerajaan Klungkung, Bali.

Empat arca era Kerajaan Singasari, 132 benda seni koleksi Pita Maha Bali dan 335 harta karun jarahan Ekspedisi Lombok 1894.

BACA JUGA: Siapa Hugo Cuenca? Pemain Primavera AC Milan yang Gocek Kapten David Calabria

Empat arca era Kerajaan Singasari yang merupakan primadona dari abad ke-13 Masehi, selama ini tersimpan di Museum Volkenkunde, Leiden, Belanda.

Empat arca ini berasal dari Candi Singasari yang didirikan untuk menghormati kematian Raja Kertanegara dinasti terakhir Kerajaan Singasari.

Empat arca tersebut adalah Durga, Mahakala, Nandishvara dan Ganesha.

Sementara itu, 132 benda seni koleksi Pita Maha Bali antara lain karya lukisan, ukiran kayu, benda-benda perak dan tekstil para maestro seniman yang tergabung di dalam kelompok seni Pita Maha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: