KEREN Jembatan Sodongkopo Mulai Dibangun Selesai Akhir 2023, Ridwan Kamil: Ke Batukaras Hanya 10 Menit

KEREN Jembatan Sodongkopo Mulai Dibangun Selesai Akhir 2023, Ridwan Kamil: Ke Batukaras Hanya 10 Menit

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menandai dimulainya pembangunan Jembatan Sodongkopo di Nusawiru Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran, Minggu 9 Juli 2023.- Rizal FS/Biro Adpim Jabar-

KEREN Jembatan Sodongkopo Mulai Dibangun Selesai Akhir 2023, Ridwan Kamil: Ke Batukaras Hanya 10 Menit

PANGANDARAN, RADARTASIK.COM – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meletakkan batu pertama pembangunan Jembatan Sodongkopo di Nusawiru Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran, Minggu 9 Juli 2023.

Jembatan Sodongkopo menghubungkan garis pantai sepanjang 91 kilometer mulai dari Pantai Batuhiu, Bojongsalawe, Nusawiru, Batukaras dan Pantai Madasari. Termasuk, menghubungkan ke Bandara Nusawiru yang cukup aktif dipakai penerbangan.

Kang Emil —sapaan akrab— Ridwan Kamil berharap Jembatan Sodongkopo selesai akhir 2023. Jembatan Sodongkopo akan menggantikan jembatan darurat tipe bailey yang telah dibongkar pada Mei 2023 lalu.

BACA JUGA: Kehadiran 3 Mantan Pemain Persib Menjadikan Dewa United Calon Kuat Juara Liga 1, Buktinya PSM Makassar Kalah

”Saya doakan lancar tidak ada halangan, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan, yang tadinya ke Batukaras butuh 1 jam kurang lebih, memutar, sekarang mungkin hanya 10 menit,” ujar Kang Emil.

Gubernur menjelaskan Jembatan Sodongkopo merupakan komitmen Pemdaprov Jabar untuk meningkatkan konektivitas wilayah di Pangandaran yang akan menstimulus pariwisata dan ekonomi kawasan.


Jembatan Sodongkopo di Nusawiru Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.-Rizal FS/Biro Adpim Jabar-

Jembatan Sodongkopo merupakan lanjutan dari pembangunan jalan puluhan kilometer di Pantai Madasari yang sudah rampung.

Total Pemdaprov telah menganggarkan Rp72 miliar untuk infrastruktur di Pangandaran. ”Kabupaten Pangandaran senilai Rp72 miliar sudah dianggarkan, sudah dilelang, sudah dimenangkan, dan siap untuk dipercepat pembangunannya. Kalau tidak ada halangan bulan November – Desember insya Allah selesai,” kata Ridwan Kamil.

BACA JUGA: Perwira Lain Naik Pangkat, Mantan Kapolres Tasikmalaya Kota Kombes Noffan Widyayoko Bahagia Naik Haji

Sementara Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono mengatakan salah satu pertimbangan dibangunnya jembatan karena core business Kabupaten Pangandaran adalah pariwisata.

”Sehingga kemudahan akses sangat diperlukan, terutama menuju objek wisata Batukaras,” jelas Bambang Tirtoyuliono.

Dia mengatakan jembatan Sodongkopo akan jadi ikonik di Jawa Barat karena bentang jembatan ini terpanjang di Jawa Barat. ”Konstruksi bagian atasnya juga melengkung, itu sangat ikonik,” katanya.

Menurut dia, nilai estetik ini akan jadi nilai tambah untuk pariwisata Pangandaran. Tipe konstruksi ini pertama di Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: