Jasa Marga Siapkan Strategi Hadapi Peningkatan Volume Lalu Lintas Libur Iduladha 2023

Jasa Marga Siapkan Strategi Hadapi Peningkatan Volume Lalu Lintas Libur Iduladha 2023

Petugas PT Jasa Marga memantau volume lalu lintas masa libur Iduladha 2023.-PT Jasa Marga-

Jasa Marga Siapkan Strategi Hadapi Peningkatan Volume Lalu Lintas Libur Iduladha 2023

JAKARTA, RADARTASIK.COM – PT Jasa Marga telah strategi hadapi peningkatan volume lalu lintas libur Iduladha 2023.

Strategi itu adalah peningkatan pelayanan dilakukan di sepanjang jalur dan gerbang tol seperti penambahan sarana, prasarana, armada operasional hingga petugas di lapangan juga penerapan teknologi.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan Jasa Marga memastikan keberfungsian peralatan tol di gardu serta menambah jumlah petugas dan mobile reader untuk menambah kapasitas transaksi di gerbang tol utama.

BACA JUGA: CATAT! 5 Jadwal Resmi Persib Selama Juli 2023, Luis Milla Bisa Balas Dendam kepada PSM Makassar dan Persik

Tidak hanya di gerbang tol, potensi terjadinya kepadatan di lajur pun diantisipasi dengan penempatan petugas di titik-titik rawan kepadatan untuk mempercepat penanganan gangguan kendaraan di lajur serta mengatur lalu lintas.

Untuk peningkatan layanan yang berbasis teknologi, Jasa Marga mengoptimalisasi 102 unit Radar Traffic Counting di Jalan Tol Trans Jawa dan Jabotabek untuk mrnganalisis pertimbangan rekayasa lalu lintas.

Jasa Marga juga mengoptimalkan Dynamic Message Sign (DMS) berbasis Estimated Time Arrival (ETA) yang terintegrasi Rest Area Management System (RAMS) sehingga dapat memberikan informasi secara real time baik di ruas tol maupun di rest area. 

”Kami juga meningkatkan kualitas streaming CCTV, mengimplementasi Push Notification dan GetPay di aplikasi Travoy serta menambahkan fitur WhatsApp ChatBot yang membantu pengguna jalan,” ujar dia.

BACA JUGA: HORE, Raja Umpan Silang Resmi Gabung Persib dari Persija Jakarta, Ini 5 Jadwal Resmi Persib Selama Juli 2023

Lisye menambahkan untuk layanan transaksi, Jasa Marga mengoptimalkan gardu operasi di Gerbang Tol (GT) Utama (Cikampek Utama, Kalihurip Utama, Ciawi, Kalikangkung, Banyumanik, dan Warugunung) dan menyiagakan petugas Mobile Reader, menambahkan layanan top up e-toll card dan menyiapkan Petugas bantu tapping.

Sedangkan untuk layanan di rest area, Jasa Marga mengoperasikan 59 rest area serta 15 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Pengguna jalan juga dapat mengetahui kapasitas parkir kendaraan di rest area melalui Rest Area Management System (RAMS).

Bersama kepolisian, Jasa Marga akan menyiapkan mitigasi terkait buka/tutup rest area, lalu mengatur ulang alur kendaraan, menambah petugas keamanan dan kebersihan, memastikan kecukupan air bersih dan ketersediaan BBM di SPBU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: