Sekda Ivan Lepas Jemaah Haji, Jangan Lupa Selalu Bawa Air dan Titip Doa untuk Kemajuan Kota Tasikmalaya

Sekda Ivan Lepas Jemaah Haji, Jangan Lupa Selalu Bawa Air dan Titip Doa untuk Kemajuan Kota Tasikmalaya

Sekda Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan menyalami para jemaah haji yang berangkat ke Embarkasi, Kota Bekasi, Senin 19 Juni 2023. rezza rizaldi / radartasik.com--

Sekda Ivan Lepas Jemaah Haji, Jangan Lupa Selalu Bawa Air dan Titip Doa untuk Kemajuan Kota Tasikmalaya

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya melepas 248 jemaah haji dari Gedung Dakwah ke Embarkasi, Kota Bekasi sebelum berangkat ke Makkah, Arab Saudi, Senin 19 Juni 2023.

Sekda Ivan mengatakan, pelaksanaan ibadah haji Kota Tasikmalaya yang berangkat hari ini terbagi menjadi beberapa kloter.

"Yaitu kloter 23 yang telah diberangkatkan pada 1 Juni lalu, dan kloter 67 dengan jumlah jemaah 208 orang serta kloter 68 berjumlah 40 jemaah yang akan berangkat hari ini," katanya.

BACA JUGA:Jose Mourinho Turun Tangan, Rayu Marco Verratti Gabung AS Roma

Terang dia, perjalanan haji bukanlah sekadar perjalanan fisik semata. Tetapi juga perjalanan spiritual yang akan menguji kesabaran, ketekunan, dan ketakwaan para jamaah sekalian.

"Pada hakekatnya, para jemaah adalah duta bangsa di tanah suci. oleh karena itu kepada para jamaah diharuskan untuk menjaga sikap dan sopan santun selama di tanah suci," sambungnya.

Sekda Ivan berharap para jemaah dapat memperluas Ukhuwah Islamiyah dengan sesama jemaah di tanah suci, terutama yang memang satu rombongan keberangkatan.

"Perjalanan ini membutuhkan stamina yang baik. Karena akan ada aktivitas fisik yang intens, terutama saat melaksanakan tawaf, sai, dan melontar jumrah," bebernya.

BACA JUGA:Tingkatkan Fungsi Pengawasan, DPRD Mendorong Program Pemkab Tasikmalaya Segera Dituntaskan, Termasuk LPP APBD

Terlebih, tambah Ivan, saat ini cuaca di Arab Saudi sedang panas. Oleh karena itu, dia mengingatkan kepada para jemaah untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran fisik selama perjalanan haji. 

"Karena di sana cuacanya panas maka jangan lupa bawa selalu air minum. Ikuti petunjuk dari pembimbingnya," tambahnya.

Sekda Ivan mengimbau kepada para jemaah haji untuk senantiasa disiplin mengatur waktu.

"Atas nama pribadi, pemerintah dan seluruh masyarakat Kota Tasikmalaya, kami senantiasa mendoakan para jemaah sekalian agar tetap diberikan kekuatan lahir dan batin selama melaksanakan ibadah haji," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: