Kandang Ternak Ayam Broiler Terbakar di Kota Banjar, Kerugian Ditaksir Belasan Juta Rupiah

Kandang Ternak Ayam Broiler Terbakar di Kota Banjar, Kerugian Ditaksir Belasan Juta Rupiah

Petugas Damkar Kota Banjar saat berusaha memadamkan api yang membakar kandang ternak ayam broiler, Selasa 13 Juni 2023 malam.-istimewa-radartasik.disway.id

BANJAR, RADARTASIK.COM – Hada (63) harus menanggung kerugian belasan juta rupiah akibat kandang ternak ayam broiler terbakar. 

Kandang yang berlokasi di Dusun Cijurey RT 01 RW 04 Desa Kujangsari Kecamatan Langensari, Kota Banjar, terbakar, Selasa 13 Juni 2023 malam. 

Diketahui kandang ternak ayam broiler itu terbuat dari material kayu berukuran 30X6 meter hingga mudah terbakar dan rata dengan tanah. 

"Iya betul semalam ada informasi kebakaran kandang ternak ayam sekitar pukul 22.50 WIB," ucap Kepala UPTD Damkar Kota Banjar Aam Amijaya, Rabu 14 Juni 2023.

BACA JUGA:Usai Kalah dari Dewa United, Persik Kediri Agendakan Uji Coba Lawan Tim Liga Thailand, Persib Bandung Kapan? 

Sambung dia, warga sekitar tidak sengaja melihat adanya kobaran api dari kandang ternak ayam.  Namun api sudah menjalar ke bagian atap hingga membesar. 

Dengan peralatan seadanya, warga berusaha memadamkan api di kandang ternak ayam broiler. Tidak lama kemudian petugas Damkar Kota Banjar tiba di lokasi kebakaran setelah mendapatkan informasi dari warga. 

"Kita terjunkan dua armada mobil damkar melakukan pemadaman api yang membakar kandang ayam," jelasnya. 

Menurutnya, di kawasan kandang ternak ayam tersebut juga terdapat terdapat 5.000 ekor ayam berusia tiga hari dan bisa diselamatkan. Karena yang terbakar bangunan terpisah atau dalam keadaan kosong.

BACA JUGA:Cuci Gudang, PSG Tawarkan Renato Sanches ke AS Roma, Giallorossi Cuma Bayar Separuh Gaji  

Pihaknya belum bisa memastikan penyebab kebakaran kandang ternak ayam tersebut, namun pemilik mengalami kerugian ditaksir belasan juta rupiah. 

"Penyebab kebakaran belum diketahui berasal dari mana, karena tempat penghangat ayam jaraknya cukup jauh, ada sekitar 20 meteran," ulasnya. 

Meski begitu, pihaknya berhasil memadamkan api dengan cara melakukan pendinginan di titik yang masih muncul api di sebagian kandang yang dilalap jago merah. 

Sementara sisa bangunan kandang ayam masih bisa terselamatkan dari kobaran api, dan beruntung tidak ada korban jiwa hanya mengalami kerugian material saja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: