ATR 72 Pesawat yang Digadang-gadang untuk Penerbangan Rute Perjalanan Tasik-Jakarta, Digunakan di Negara Ini?

ATR 72 Pesawat yang Digadang-gadang untuk Penerbangan Rute Perjalanan Tasik-Jakarta, Digunakan di Negara Ini?

Pesawat ATR 72 yang digunakan oleh maskapai Citilink.-Foto:tangkapanlayar/dok citilink-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Pesawat ATR 72 digadang-gadang akan digunakan untuk rute perjalanan TASIK-Jakarta.

ATR 72 dibuat oleh perusahaan ATR (Avions de Transport Régional), yang merupakan sebuah perusahaan patungan antara dua perusahaan besar dalam industri penerbangan, yakni Airbus dan Leonardo (sebelumnya dikenal sebagai Leonardo-Finmeccanica dan Alenia Aermacchi).

ATR didirikan pada tahun 1981 dengan tujuan untuk mengembangkan dan memproduksi pesawat turboprop regional.

Pesawat ATR 72 adalah salah satu produk utama dari perusahaan ini. ATR 72 adalah pesawat penumpang regional dengan kapasitas antara 68 hingga 78 penumpang.

BACA JUGA:Maksimalkan Pemusatan Latihan, Persebaya Surabaya Agendakan Uji Coba Lawan Rival Persib, Lanjut Lawan Persis

Pesawat ini dirancang untuk melayani rute-rute pendek hingga menengah. Contohnya rute perjalanan Tasik-Jakarta yang butuh waktu 35-45 menit saja.

Pesawat ATR 72 memiliki sejarah yang sukses dalam industri penerbangan regional. Termasuk di Indonesia banyak digunakan, bahkan juga pernah digunakan untuk rute perjalanan Tasik-Jakarta.

Keunggulan utamanya adalah efisiensi bahan bakar yang tinggi, kemampuan beroperasi dari bandara dengan landasan pendek seperti di Bandara Wiriadinata hanya 1600 meter landasan, dan kenyamanan penumpang yang baik. 

Pesawat ini digunakan oleh banyak maskapai penerbangan regional di seluruh dunia. ATR terus mengembangkan dan memperbarui pesawat ATR 72 dengan meluncurkan versi yang lebih canggih, seperti ATR 72-600. Versi ini dilengkapi dengan teknologi terbaru dan perbaikan aerodinamika untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja pesawat.

BACA JUGA:Data algoritma Andalan Cardinale Sarankan AC Milan Rekrut Lazar Samardzic Gantikan Brahim Diaz

Sebagai salah satu pemimpin dalam segmen pesawat turboprop regional, ATR terus berupaya memenuhi kebutuhan transportasi udara regional dengan menyediakan pesawat yang efisien dan handal bagi maskapai penerbangan di seluruh dunia.

Berikut adalah spesifikasi umum untuk pesawat ATR 72 yang diprediksi akan digunakan untuk rute perjalanan Tasik-Jakarta:

Dimensi:

Panjang: 27,17 meter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber