Ribuan Pelajar SMKN 2 Tasikmalaya Praktik Bimbingan Manasik Haji

Ribuan Pelajar SMKN 2 Tasikmalaya Praktik Bimbingan Manasik Haji

Ribuan pelajar SMKN 2 Tasikmalaya saat mepratikan bimbingan manasik haji di halaman sekolah, Senin 12 Juni 2023. rezza rizaldi / radartasik.com--

Ribuan Pelajar SMKN 2 Tasikmalaya Praktik Bimbingan Manasik Haji

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Ribuan pelajar SMKN 2 Tasikmalaya di Jalan Noenoeng Tisnasaputra, Kelurahan Kahuripan, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, praktik bimbingan manasik haji, Senin 12 Juni 2023.

Biasanya setiap Senin ribuan pelajar tersebut melakukan upacara. Namun, kali ini mereka datang ke sekolah memakai pakaian serba putih dan berbaris di lapangan upacara untuk praktik bimbingan manasik haji.

Sejak pagi, mereka mengikuti pratik bimbingan haji hasil kerjasama SMKN 2 Tasikmalaya dengan Cahaya Raudhah Travel Haji untuk praktik bimbingan manasik haji.

BACA JUGA:Liga Champions 2023-24: AC Milan di Pot Ketiga Bersama Lazio, Inter Kedua, Napoli Masuk Tim Unggulan

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SMKN 2 Tasikmalaya, Herman Suherman mengatakan, praktik bimbingan manasik haji ini diikuti para pelajar kelas X dan XI dengan jumlah sekitar 1660 siswa.

"Ini program rutin sekolah kita yang sempat terpotong beberapa waktu lalu karena pandemi Covid. Praktik bimbingan manasik haji ini telah 5 kali kami gelar," paparnya.

Terang dia, pelaksanaan ibadah haji itu ada 3 macam. Yaitu haji tamattu, ifrad, qiran. Para pelajar SMKN 2 Tasikmalaya ini praktik bimbingan manasik haji tamattu.

"Karena secara umum jamaah haji Indonesia melaksanakan Tamattu. Artinya umroh dulu lalu berangkat haji," terangnya.

BACA JUGA:Calon Top Skor Persib, Mantan Timnas Brasil Sekarang Lebih Lincah, Ini Keyakinan Bobotoh

"Hari ini kita praktik menuju Arafah yang artinya umrohnya sudah. Lalu nanti di sana mendengarkan khutbah, tausiah dan bertarbiyah," sambungnya.

Usai itu, beber dia, para pelajar SMKN 2 Tasikmalaya ke Muzdalifah untuk mengumpulkan batu sebanyak 70 butir per siswa. Kemudian bergerak menuju Mina. 

"Di Mina dilakukan lempar jumroh. Lalu jalan lagi melakukan Tawaf dan Sa'i. Praktik ini dilakukan di lingkungan sekolah," bebernya.

Dia menambahkan, pihaknya melakukan praktik bimbingan manasik haji ini sebagai pembelajaran inisatif dari pihak sekolah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: