Peminat Konversi Motor BBM ke Motor Listrik Belum Meluas, Pemerintah Rencanakan 3 Strategi

Peminat Konversi Motor BBM ke Motor Listrik Belum Meluas, Pemerintah Rencanakan 3 Strategi

Peminat konversi motor BBM ke motor listrik belum meluas, pemerintah rencanakan 3 strategi.-PT PLN-

3 Strategi Pemerintah Percepat Konversi Motor Listrik

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Pemerintah akan melakukan 3 strategi untuk percepatan konversi motor BBM ke motor listrik.

Tiga strategi itu untuk merealisasikan target konversi motor BBM ke motor listrik sebanyak 50 ribu motor di tahun 2023 dan 150 ribu motor di tahun 2024.

Kepala BBSP KEBTKE Senda Hurmuzan Kanan mengatakan pemerintah terus mencari upaya agar program konversi motor listrik dapat menarik minat masyarakat luas.

BACA JUGA: Tim Gabungan Sita 10 Ribu Batang Rokok Tanpa Pita Cukai di Tasikmalaya

Strategi jangka panjangnya agar masyarakat tertarik melakukan konversi motor listrik adalah dengan mencari investor yang akan menyediakan swap baterai motor listrik.

Swap atau tukar baterai di SPBKLU (Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum) menjadi salah satu terobosan yang disiapkan pemerintah untuk menyiapkan infrastruktur percepatan konversi motor listrik.

”Target strategi jangka panjangnya supaya masyarakat tertarik untuk melakukan konversi adalah kan baterai mahal, kalau di kendaraan listrik sampai 40-50 persen dari biaya kendaraan. Kami sedang mencari investor yang berkenan menjadi operator dan investor swap baterai,” jelas dia.

Dengan adanya investor swap baterai, sambung dia, motor listrik ini tidak perlu membeli baterai, cukup hanya tukar saja.

BACA JUGA:Wajar Gerry Cardinale Pecat Paolo Maldini, Ia Bahkan Tak Tahu AC Milan 7 Kali Juara Liga Champions

Senda menjelaskan inovasi ini telah dilakukan PLN untuk motor listrik yang selama ini sudah dikembangkan mereka dan ini akan menjadi langkah pemerintah untuk percepatan kebijakan ini.

Jadi, kalau baterainya habis datang saja ke pom bensin untuk tukar baterai. Target ke depannya biaya konversi yang dilakukan masyarakat jadi lebih murah.

”Seperti yang dilakukan PLN, masyarakat datang dengan subsidi dari pemerintah dan ada investor swap baterai sehingga masyarakat tertarik untuk konversi,” tambah dia.

Upaya lain yang dilakukan untuk dapat mempercepat dan menarik minat masyarakat untuk melakukan konversi motor, adalah menerbitkan regulasi pendukung yaitu melalui Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 tahun 2023 yaitu tentang Pedoman Umum Bantuan Pemerintah dalam Program Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: