BPBD Tasikmalaya Mulai Siaga Hadapi Musim Kemarau

BPBD Tasikmalaya Mulai Siaga Hadapi Musim Kemarau

Pendistribusian air bersih yang dilakukan BPBD Kabupaten Tasikmalaya di Desa Tanjungsari, Kecmatan Sukaresik, beberapa waktu lalu. Istimewa--

BPBD Tasikmalaya Mulai Siaga Hadapi Musim Kemarau 

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Berdasarkan prediksi Badan Metrologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) saat ini wilayah Kabupaten Tasikmalaya mulai memasuki kemarau. 

Dengan adanya prediksi tersebut, maka BPBD Tasikmalaya siaga hadapi musim kemarau. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Darlog) BPBD, Kabupaten Tasikmalaya Kurnia Trisna.

Kata dia, bila dilihat prediksi perkiraan cuaca dari BMKG, wilayah Kabupaten Tasikmalaya saat ini sudah mulai memasuki gerbang musim kemarau. 

BACA JUGA:PERSIB Masuk Latihan Taktik Jelang Pramusim, Persiapannya Berjalan Baik, Ini ‘Bocorannya’

Hal ini pun terasa dari perubahan suhu serta intensitas hujan yang mulai jarang turun, bahkan intensitasnya rendah.

"Maka dalam mengantisipasi dampak musim kemarau yang kerap melanda di sejumlah daerah Kabupaten Tasikmalaya, kami mulai siap siaga," paparnya kepada radartasik.com, Rabu 07 Juni 2023.

"Kami mulai menyiapkan sumber daya yang ada seperti personel, menyediakan jeriken hingga truk tangki air," sambungnya.

Kurnia menerangkan, BPBD saat ini sudah melakukan pemantauan di sejumlah daerah yang sering terjadi kekeringan saat musim kemarau. 

BACA JUGA:Lagi, Sebuah Rumah di Tasikmalaya Disulap Jadi Gudang Miras

"Kita sudah mulai melakukan antisipasi untuk beberapa daerah yang bakalan terdampak kemarau, seperti kekurangan air bersih," terangnya.

Hingga saat ini BPBD Kabupaten Tasikmalaya belum mendapatkan laporan dari masyarakat yang kekurangan maupun kesulitan air bersih dampak memasuki kemarau tahun ini. 

Meski begitu, tambah dia, jajarannya tetap memantau perkembangan daerah rawan dilanda kekeringan setiap datang musim kemarau.

"Ada beberapa daerah yang memang sering terjadi kekeringan. Diantaranya Desa Cijulang di Kecamatan Cineam, dan Desa Cibalanarik di Kecamatan Tanjungjaya," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: