3 Kabar Dahsyat di Hari Arafah Bagi Umat Islam

3 Kabar Dahsyat di Hari Arafah Bagi Umat Islam

Bulan Dzulhijjah memiliki banyak keutamaan bagi umat Islam seperti diampuni dosa.-Kemenag-

3 Kabar Dahsyat di Hari Arafah Bagi Umat Islam

RADARTASIK.COM - Dalam setahun ada bulan-bulan yang dikategorikan bulan yang dimuliakan bagi umat Islam. Diantara bulan itu adalah bulan Dzulhijjah. 

Karena termasuk mulia maka seluruh hari di bulan itu penuh kemuliaan bagi umat Islam. Salah satu hari isitmewa di bulan Dzulhijjah ini adalah hari Arafah tanggal 9. Bertepatan para hujjaj sedang melakukan wuquf di Arafah. 

Hari Arafah memiliki keutamaan yang berbeda dengan hari biasa, Maka umat Islam pada momen yang istimewa ini sangat dianjurkan untuk memperbanyak kebaikan. Bahasan amal kebaikan bisa di klik di sini.

Kebaikan di hari yang dimuliakan akan ikut mulia. Bernilai lebih dibanding hari-hari yang lain.

BACA JUGA:Wow Tempuh Jarak 919 Kilo Meter Kereta Api Pandalungan Pecahkan Rekor Rute Terpanjang

Sebaliknya, amal keburukan akan bernilai semakin buruk. Buruknya bisa berlipat-lipat bila itu dilakukan di bulan yang istimewa. Contoh perbuatan buruk yang bisa menjadikan umat Islam murtad bisa klik di sini.

Artinya, umat Islam hari istimewa harus dijaga dan dimuliakan dengan amalan yang mulia juga. Semaksimal mungkin menghindari perilaku yang buruk. 

Berikut amalan yang dianjurkan untuk dilakukan di hari Arafah yang dijanjikan fadilah  sangat besar bagi umat Islam.

1.Puasa

BACA JUGA:4 Kali Dalam Seminggu Perjalanan Jakarta-Pangandaran Cuma 1 Jam

Puasa arafah adalah puasa yang sangat dianjurkan dalam Islam. Habib Abdulloh Al Hadad dalam kitabnya Nashoih Ad Diniyah mengatakan, bahwa para ulama berpendapat puasa arafah adalah puasa yang paling utama dalam setahun setelah puasa ramadan. 

Namun puasa ini tidak dianjurkan bagi umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah haji agar tidak kelelahan ketika melakukan ibadah wuquf di arafah.

Keutamaan puasa arafah sangat besar, diantaraya adalah menghapus dosa umat Islam selama dua tahun. Sebagaimana diterangkan dalam hadits berikut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: