Ini Penjelasan Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Soal DPS Ganda

Ini Penjelasan Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Soal DPS Ganda

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin. istimewa--

Ini Penjelasan Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Soal DPS Ganda 60 Ribu Jiwa

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Beredar isu ada data ganda dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Kabupaten Tasikmalaya yang jumlahnya mencapai 60 ribu jiwa.

Hal itu menurut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya tidak benar. Pasalnya hingga saat ini, DPS ganda hanya tercatat hanya 380 jiwa saja.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin mengatakan, dari data yang ada di KPU Kabupaten Tasikmalaya memang masih terdapat data ganda. Tetapi jumlahnya tidak sebanyak informasi yang beredar, yakni 60 ribu jiwa. 

BACA JUGA:PDI Perjuangan Kota Tasikmalaya Angkat Bicara Terkait Usulan Uu Jadi Cawapres Ganjar

“Bahwa ada data ganda sebanyak 60 ribu itu tidak benar ya. Berdasarkan pemutakhiran daftar pemilih di tingkat Kabupaten Tasikmalaya data itu 380 jiwa saja,” katanya saat dihubungi radartasik.com melalui telepon, Selasa 06 Juni 2023.

Terang dia, data ganda tersebut dibagi menjadi beberapa katagori. Diantaranya ganda antar kabupaten, ganda antar provinsi, dan ganda dengan pemilih di luar negeri. 

Berkenaan masih adanya data ganda itu, KPU Kabupaten Tasikmalaya tidak tinggal diam. Karena masih ada tahap perbaikan untuk saat ini.

"Data itu terus kami lakukan perbaikan untuk saat ini, karena masih ada waktu perbaikan," terangnya.

BACA JUGA:7 Modal Persib Juara Liga 1 2023/2024 Sangat Nyata, Peran Luis Milla Jadi Kuncinya

Proses perbaikan data daftar pemilih yang terbaru adalah rapat pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) di tingkat kecamatan.

Sementara itu, pelaksanaan pleno di tingkat kabupaten masih menunggu masukan dari masyarakat.

“Untuk plano di tingkat KPU akan menunggu waktu untuk adanya tanggapan-tanggapan masyarakat atas pleno tersebut. Kemudian nanti akan ditetapkan pleno di KPU pada tanggal 20-21 Juni ini,” tambahnya.

Sedangkan data DPSHP untuk Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 1.426.664 pemilih. Data tersebut akan menjadi bahan ketetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: