MIRIS! Mayoritas Rata-rata Pendidikan Masyarakat Pangandaran Baru Sampai Kelas 2 SMP

MIRIS! Mayoritas Rata-rata Pendidikan Masyarakat Pangandaran Baru Sampai Kelas 2 SMP

Siswa saat berangkat sekolah. Rata-rata usia sekolah di Kabupaten Pangandaran barus sampai kelas 2 SMP.-Deni Nurdiansah/radartasik.disway.id-

PANGANDARAN, RADARTASIK.COM- Kabupaten PANGANDARAN memiliki target rata-rata usia sekolah hingga sembilan tahun, rata-rata pendidikan masyarakat PANGANDARAN Baru Sampai Kelas 2 SMP atau mencapai delapan tahun.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pembinaan PAUD Disdikpora Kabupaten Pangandaran, Undang Suhendar, bahwa percepatan lamanya sekolah di Kabupaten Pangandaran menurut statistik rata-rata hanya sampai kelas VIII SMP, atau setara delapan tahun sekolah.

”Disebabkan beberapa faktor, mungkin masih ada yang menganggap bahwa melanjutkan pendidikan masih kurang penting,” katanya, Rabu (31/5/2023).

Untuk mencapai target tersebut, Suhendar mendorong masyarakat agar mengambil kesetaraan.

”Ada PKBM yang bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan pengambilan paket C, karena tidak mungkin warga usia 25 tahun harus sekolah lagi,” jelasnya.

BACA JUGA:RESMI Gabung Persib, Mantan Bintang Persipura Masuk Skuad Mewah Luis Milla, Ini Profilnya

Saat ini, Program Kesetaraan yang difasilitasi oleh pemerintah hanya ada Paket B dan C merupakan yang tersedia di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) di Kabupaten Pangandaran, sementara Paket A sudah tidak ada.

”Yang gak lulus SMP ngambil paket B, kemudian yang gak lulus SMA ngambil paket C,” katanya.

Suhendar telah mengundang kepala desa di Pangandaran untuk mendorong hal itu semua, karena mereka yang memiliki data dan pengetahuan terbaik tentang kondisi masyarakat.

”Dengan bekerja sama dengan kades dan camat serta intansi terkait, rata-rata sekolah kita akan semakin meningkat,” jelasnya.

BACA JUGA:WOW Beli BBM Bisa Dapatkan Mobil Pajero Sport Dakar atau Mobil Xpander Ultimate, Begini Caranya

Untuk menghitung usia rata-rata sekolah di daerah tersebut, dilakukan pembagian usia 25 tahun ke atas dengan usia sekolah yang ada di Kabupaten Pangandaran, kemudian hasilnya dirata-ratakan dengan usia sekolah dari tingkat dasar hingga SMA. Jika perbandingannya seimbang, nilai rata-ratanya tinggi.

”Kalau yang wajarnya di bawah ya tetap membaginya lebih banyak, turun berarti,” bebernya.

Setiap tahun, ada peningkatan jumlah warga yang melanjutkan sekolah dari SD ke SMP hingga SMA, meskipun peningkatannya tidak signifikan. Kabupaten Pangandaran memiliki 287 SD, 260 PAUD, dan 53 SMP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: