ADA Legenda Persib di Balik Bentrok Marc Klok vs Lionel Messi Nanti, Ini Profil Lengkap ’Si Suster Ngesot

ADA Legenda Persib di Balik Bentrok Marc Klok vs Lionel Messi Nanti, Ini Profil Lengkap ’Si Suster Ngesot

Logo Persib. Foto: Persib--

“Sartono Anwar adalah pelatih terkenal yang mengantar PSIS Semarang menjuarai Divisi Utama 1987 dan salah satu pelatih nasional pada 1980-an hingga awal 1990-an,” tulis PSSI lagi.

Dalam karier sepakbolanya, Sartono Anwar pernah melatih UMS Jakarta (Galatama), BPD Jateng (Galatama), Assyabaab Salim Group, Petrokimia Putra, Arseto Solo, Putra Samarinda, Persibo Bojonegoro memimpin Persisam Putra Samarinda.

Berdasarkan data dari transfermark, setelah dari Persib Bandung, Nova Arianto pindah ke Sriwijaya FC lalu ke Persipasi hingga pensiun.

Kemudian Nova Arianto direkrut menjadi asisten pelatih Pelita Bandung Raya.

“Sekarang saya menjadi asisten pelatih tim nasional. Karier saya dimulai saat menjadi asisten pelatih U-20 yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 pada 2021 lalu. Namun, setelah batal, saya terus bersama coach Shin di tim senior,’’ ujar Vava.

Saat ini Nova Arianto senang karena timnas Indonesia senior bisa menjajal Argentina di FIFA matchday pada 19 Juni di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Secara skill dan materi pemain, Argentina jauh di atas Indonesia. Namun, kata Nova Arianto, laga pada 19 Juni nanti itu bisa menjadi ajang mengasah mental dan pengalaman bertanding dengan tim peringkat 1 dunia.

“Saya salut dengan kepengurusan PSSI di bawah Pak Erick Thohir. Mereka memikirkan FIFA matchday dengan baik dan teliti,” papar mantan kapten Persib ini.

“Setelah melawan Argentina, tahun depan kabarnya akan melawan tim-tim kuat dunia lainnya. Ini bagus bagi pengalaman pemain Indonesia,’’ kata Vava.

Menurut Nova Arianto, pelatih Shin Tae-yong mempersiapkan timnas Indonesia dengan baik.

Termasuk menyiapkan pemusatan latihan yang akan dimulai lebih awal, yakni 5 Juni di Surabaya.

“Rencananya pemain terbaik yang bermain di Liga 1 maupun di luar negeri akan dipanggil termasuk beberapa pemain naturalisasi yang kini sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI),” papar PSSI.

Timnas Indonesia dijadwalkan akan menghadapi timnas Argentina dalam FIFA A Match pada 19 Juni 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

Menurut Erick Thohir, Ketua Umum PSSI, laga uji coba  timnas Indonesia melawan timnas Argentina menjadi pertandingan bersejarah bagi Indonesia, karena baru pertama kali timnas Indonesia menghadapi negara berperingkat 1 FIFA.

Erick Thohir pun berharap pemain dan pelatih harus memanfaatkan momen langka ini untuk meningkatkan skill, mental, dan strategi bertanding melawan tim dengan nama besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: