Mbah Harun Jemaah Haji Indonesia Tertua Usainya 119 Tahun, Jadwal Tunggu 2046 Alhmdulillah Berangkat 2023

Mbah Harun Jemaah Haji Indonesia Tertua Usainya 119 Tahun, Jadwal Tunggu 2046 Alhmdulillah Berangkat 2023

Mbah Harun (kanan) jemaah haji Indonesia tertua yang kini berusia 119 tahun.-Foto: tangkapanlayar/dok kemenag ri-

MADURA, RADARTASIK.COM - “Alhamdulillah” ucapan itulah rasa syukur yang disampaikan oleh Mbah Harun warga sal kecamatan Promo Pamekasan Madura, yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini 1444 H/2023.

Mbah Harun kini berusia 119 tahun dan menjadi jemaah haji tertua se-Indonesia. Pria kelahiran tahun 1904 ini masih terlihat sehat dan bugar. Mbak Harus masih bisa berjalan dengan tegak serta suaranya pun masih jelas terdengar saat berbicara, meskipun pendengarannya sudah mulai berkurang.

Di usianya yang sudah tidak muda lagi, Mbah Harus sangat bersyukur dapat menunaikan ibadah haji sebagai rukun Islam yang ke-5.

BACA JUGA:Suhu di Madinah Mencapai 41 Derajat Celcius, Jemaah Haji Indonesia Harus Banyak Minum Air Putih

Mbah Harus hanya membawa modal keyakinan pada Allah SWT, saat dirinya mendaftar pada tahun 2017 lalu. Uang untuk mendaftar ibadah haji merupakan hasil menjual tanah miliknya yang berada di dekat rumahnya.

Saat itu Mbah Harun mendapatkan jadwa tunggu sampai tahun 2046, namun tahun ini Mbah Hrus mendapatkan kesempatan untuk berangkat Ibadah Haji melalui kuota prioritas untuk lansia.

Berbekal doa dan bantuan dari pihak KBIHU dan kantor Kemenag Kabupaten Pamekasan, Mbah Harun tetap optimis dapat menunaikan ibadah haji tahun ini.

BACA JUGA:Labaik Allahuma Labaik Jemaah Haji Indonesia Mulai Terbang Hari Ini, Ada Living Cost 750 Riyal dari Pemerintah

Untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, Pemerintah Indonesia mengusung tema “Haji Ramah Lansia”, sehingga pemerintah pun menyiapkan sekitar 4000 orang panitia penyelenggara ibadah haji untuk dapat melayani jemaah haji Indonesia yang melaksanakan ibadah pada tahun ini.

Bagi seluruh jemaah haji Indonesa, khususnya yang telah lansia, pemerintah tetap menghimbau agar menjaga kesehatan dengan selalu minum air putih, makan yang teratur juga istirahat yang cukup.

Terlebih lagi sat ini udara di Arab Saudi sedang musim panas, bahkn di Kota Madinah suhu udara mencapai 41 derajat celcius.

BACA JUGA:PENASARAN, Kerangka Formasi Baru Persib Musim Depan Fantastis, Playmaker Jempolan Sokong 2 Penyerang Brasil

Berbagai persiapan dan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah untuk jemaah haji Indonesia mulai dipersiapkan sejak jauh-jauh hari.

Salah satunya selama dalam perjalanan di pesawat jemaah haji Indonesia akan mendapatkan pelayanan 2 kali makan berat dan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: