Perusahaan Bus dari Ciamis Ini Mengaspal Sejak Tahun 1977, Punya Arti Nama Pintu Keselamatan

Perusahaan Bus dari Ciamis Ini Mengaspal Sejak Tahun 1977, Punya Arti Nama Pintu Keselamatan

Bus Gapuraning Rahayu yang juga ‘penguasa jalur selatan’ Jawa Barat sudah mengaspal sejak tahun 1977.-Foto:tangkapanlayar/dok gapuraning rahayu-

CIAMIS, RADARTASIK.COM -  Perusahaan bus dari Ciamis memmang pantas disebut sebagai ‘Penguasa Jalur Selatan’ Jawa Barat. Di mn sekitar tahun 1970an, kondisi jalan di wilayah Priangan Timur belumlah sebagai saat ini.

Namun perusahaan bus dari Ciamis sudah mulai merintis moda transportasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat saat itu.

Nama perushaan bus dari Ciamis ini adalah Gapuraning Rahayu, dikenal juga denga sebutan GR. Tapi ada juga yang menyebutnya Gara. Berdiri sejak tahun 1977, oleh H. Moch Karno.

BACA JUGA:Selain Dijuluki ‘Penguasa Jalur Selatan’ Perusahaan Bus dari Ciamis Ini Juga Punya Julukan ‘Si Kijang Biru’

Perkembangan perusahaan PO Gapuraning Rahayu juga cukup pesat dari hanya beberap unit bus, mampu memiliki puluhan unit bus. Bahkan saat ini tidak hanya bus AKAP saja, namun juga memiliki bus pariwisata.

Pada awal mendirikan usaha bus, H. Moch Karno mulai menambah armada bus miliknya. Contohnya pada tahun 1978 melihat potensi pasar moda transportasi darat cukup positif, dia menambah dua unis bus untuk melayani penumpang saat itu.

Kepiawaian dan insting bisnis yang kuat, di tahun 1983 H. Moch Karno juga memperluas trayek dari bus yang dirintisnya tersebut.

BACA JUGA:'Penguasa Jalur Selatan’ Perusahaan Bus dari Ciamis, Buka Jalur Sumatera di Tahun 1990an

Bahkan perluasan trayek dilakukan seja tahun 1983 sampai dengan 1985. Baru kemudian di tahun 1988 selain menambah trayek, Gapuraning Rahayu juga kembali menambah armada bus.

Hingga tahun 1992 bus yang kini terkenal sebagai ‘pengusa jalur selatan’ dan penguasa pariwisata ini terus berkembang. Bukan hanya melihat pangsa pasar bus AKAP akan tetapi mampu melihat peluang untuk angkutan bus pariwisata, yang banyak dipesan oleh sekolah, perusahaan juga keluarga untuk bepergian.

Perkembangan dunia usaha transportasi terus meningkat juga banyak bermunculan pengusaha bus yang baru dari Ciamis maupun dari Tasik.

BACA JUGA:Perusahaan Bus dari Ciamis sang Peguasa Jalur Selatan Punya Anak Perusahaan dan Ratusan Unit Bus

Di tahun 2002 perusahaan bus dari Ciamis ini, Gapuraning Rahayu pun berganti status perusahaan dari PO menjadi PT Gapuraning Rahayu.

Pemilihan nama perusahaan Gapuraning Rahayu ini, bukan tanpa arti dan makna begitu saja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: