Innalillahi, 6 Motor Terbawa Tebing Longsor Dekat Objek Wisata Geopark Batu Mahpar

Innalillahi, 6 Motor Terbawa Tebing Longsor Dekat Objek Wisata Geopark Batu Mahpar

Warga saat melakukan evakuasi 6 motor terbawa tebing longsoran, Selasa 25 sore.-screenshot-

TASIKMALAYA, RADARTASIK COM - Hujan deras yang terjadi Selasa 25 April, menyebakan tebing longsor dekat Objek Wisata Geopark Batu Mahpar, Desa Sukamulih, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya. 

Tanah longsor terjadi setelah diterjangan hujan deras yang sudah turun sejak siang hari. Meski sempat reda, tetapi kembali turun pada sore hari dengan intensitas lebih tinggi. 

Pengelola Taman Rekreasi Geopark Batu Mahpar, Totong Hidayat menyatakan, posisi tebing longsor terjadi di luar areal rekseasi. Sehingga secara umum objek wisata Batu Mahpar aman dan terkendali. 

"Kalaupun terjadi longsor, itu di areal curug, tetapi di seberang areal taman. Jadi tidak mengganggu aktivitas kegiatan Taman Rekreasi Geoparka Batu Mahpar," katanya saat dihubungi Selas 25 April malam.

BACA JUGA:Asli Cepat! Arus Balik Kuningan-Bandung via Tol Cisumdawu Cuma 2 Jam 15 Menit

Informasi terkait kejadian longsor tersebut menyebar melalui beberapa grup WA. Pada video berdurasi 15 detik, tampak longsoran menimpa kendaraan roda dua dan roda empat. "Innalillahi..." sebut perekam video tersebut.  

"Memang ada beberapa motor yang tertimpa longsoran, motor itu tengah diperkir di lokasi tersebut," katanya.

Totong kembali menegaskan, lokasi tebing longsor bukan di sekitar taman, tetapi di dekat Objek Wisata Batu Mahpar, atau dekat kolam renang milik warga. Kendaraan tersebut sedang terparkir di sebuah lapangan, yang biasa menjadi areal parkir bagi pengunjung kolam renang.

"Kolam renang itu ada di depan Taman Rekreasi Geopark Batu Mahpar. Kolam renang tersebut milik warga bernama Dadan. Warga Benjang. Tidak ada korban jiwa," jelasnya.

BACA JUGA:Jalur Mudik Sempat Tertutup Longsor di Jalan Raya Salawu-Garut, Berikut Penjelasan Kapolres Kondisi Terkini

Ketua FK Tagana Kabupaten Tasikmalaya, Jembar Adisetya menginformasikan bahwa berdasarkan laporan dari relawan, ada 6 motor terbawa tebing longsor. Masyarakat setempat berhasil mengevakuasinya. Longsor terjadi dekat Objek Wisata Geopark Batu Mahpar. 

"Menurut informasi anggota, 6 motor terbawa tebing longsor. Namun sudah dievakuasi warga. Lokasi longsor berada di dekat kolam renang milik warga, sedangkan di Objek Wisata Batu Mahpar terjadi retakan. Longsoran kecil yang menuju curug. Sebagai antisipasi, pihak pengelola menutup akses menuju Curug Batu Mahpar," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: