Lancar, Arus Mudik Lebaran Jalur Garut-Tasikmalaya

Lancar, Arus Mudik Lebaran Jalur Garut-Tasikmalaya

H-1 arus mudik Lebaran Jalur Garut-Tasikmalaya ramai lancar, Jumat 21 April 2023.-ujang nandar-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Satu hari menjelang hari Raya Idul Fitri, arus mudik Lebaran Jalur Garut-Tasikmalaya terpantau rame lancar, Jumat 21 April 2023. 

Kasat Lantas Polres Tasikmalaya AKP M Abdi Hendriyatna menyatakan, untuk hari Jumat 21 April 2023 ini, Jalur Garut-Tasikmalaya lancar. "Sejak tadi pagi terpantau ramai lancar untuk arus mudik di Jalur Garut-Tasikmalaya ini," katanya kepada radartasik.com.

Abdhi menjelaskan, secara umum situasi lalin di wilayah Kabapaten Tasikmalaya masih dalam batas normal dan kecepatan rata-rata saat ini 50-60 km/jam. 

"Walapun sesekali ada sendatan arus di pertigaan dan perempatan," kata Abdhi.

BACA JUGA:MOHON MAAF, Mulai Sore ini Jelang Malam Takbiran Jalan HZ Mustofa Ditutup Total Sampai Simpang Nagarawangi

Abdhi melihat, hingga pukul 15.00 ini, kendaraan arus mudik Lebaran Jalur Garut-Tasikmalaya memang terpantau ramai lancar, begitupun sebaliknya. "Untuk jumlah biasanya dikalkulasi itu pada pukul 20.00 malam," katanya.

Untuk wilayah perkotaan kondisinya ramai bahkan sesekali tersendat. Hal itu selain banyak pertigaan dan perempatan juga banyak warga yang berbelanja memenuhi kebutuhan Lebaran. 

"Untuk perkotaan memang itu masyarakat lokal, yang berbelanja di Pasar Singaparna untuk kebutuhan Lebaran," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, arus mudik Lebaran pada H-2 di jalur Garut-Tasikmalaya sempat padat akibat peningkatan volume kendaraan, imbas pengalihan arus. Dari pantuan Pos Jaga, kepadatan terjadi pukul 12.00 sampai 16.00 sore. 

BACA JUGA:Lapangan Sepak Bola Stadion Wiradadaha Dipadati Ribuan Jemaah Muhammadiyah Salat Idul Fitri

Kasat Lantas Polres Tasikmalaya AKP M Abdi Hendriyatna menyatakan, H-2 arus mudik Lebaran Jalur Garut-Tasikmalaya masih relatif normal sampai pukul 20.00. 

"Hanya saja tadi siang dari pukul 12.00 sampai 16.00 sore tadi sempat terjadi kepadatan," katanya kepada radartasik.com melaui sambungan telepon, Kamis 20 April malam.

Kepadatan siang hingga sore itu karena adanya pengalihan arus dari arah Jalan Cagak yang seluruh kendaraan diarahkan ke Jalur Garut. Termasuk arah Sindangkasih Kabupaten Ciamis diarahkan ke Jalur Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Otomatis volume kendaraan sempat meningkat. " Alhamdulillah sudah malam ini kembali normal," kata dia.

Meskipun kondisi arus mudik Lebaran tergolong normal, para petugas dari Kepolisian, TNI, Dishub, BPBD dan Satpol PP terus berjaga pada pos-pos yang sudah ditentukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: