KEREN! Jawa Barat Bakal Punya Gedung Pencak Silat Kelas Dunia

KEREN! Jawa Barat Bakal Punya Gedung Pencak Silat Kelas Dunia

Keren! Jawa Barat bakal punya Gedung Pencak Silat kelas dunia berlokasi di Kiara Payung Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang.--Istimewa--

SUMEDANG, RADARTASIK.COM – Kabar gembira. Jawa Barat bakal punya Gedung Pencak Silat kelas dunia.

Gedung Pencak Silat kelas dunia berlokasi di Kiara Payung Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang, Jabar.

Pembangunan Gedung Pencak Silat kelas dunia ditandai peletakan batu pertama oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Senin 10 April 2023.

Pembangunan gedung salah satu gedung pusat budaya di Jawa Barat itu ditargetkan rampung pada September 2023.

BACA JUGA: Agen Steven Bergwijn Temui Paolo Maldini di Markas AC Milan

Pembangunan Gedung Pencak Silat ini dilakukan dua tahap dengan anggaran Rp 30 miliar.

Ridwan Kamil menjelaskan awal tahun 2023 dilaksanakan pembangunan tahap pertama dengan anggaran sekitar Rp 26 miliar. Anggaran sisanya dilaksanakan pada tahap kedua.

Pembangunan Gedung Pencak Silat ini sebagai bentuk keseriusan Pemprov Jabar dalam melestarikan warisan budaya takbenda (WBTb) yang ditetapkan UNESCO pada 2019.

Terlebih, Jawa Barat dikenal sebagai gudang atlet pencak silat level dunia.

BACA JUGA: RESMI, 2 Alumni Uruguay Membela Persib, Berposisi Kiper dan Bek Kiri, Ini Harga Transfer Mereka

Dengan dibangunnya gedung tersebut, Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, berharap pencak silat bisa memengaruhi budaya dunia. Seperti halnya Korea melalui film dan musiknya.

Ridwan Kamil menjelaskan pencak silat tidaklah sama dengan olahraga beladiri lainnya. Setidaknya ada 5 yang jadi pembeda pencak silat.

Pertama, ada beladirinya. Kedua, ada seni tari ibing. Ketiga ada musik kendang penca. Keempat, keberagaman fashion atau pakaian khas di masing-masing daerah. Kelima terdapat filosofi berjiwa kesatria yang taat beragama.

”Kita berharap seperti Korea yang bisa memengaruhi budaya dunia melalui film dan musik. Indonesia juga bisa mempengaruhi dunia dengan budaya beladiri pencak silatnya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: